Wednesday, September 10, 2014

7 Cara Mengatasi Stress


7 Cara Mengatasi Stress

7 Cara Mengatasi Stress


Suasana kota-kota besar yang mana tinggi polusi udara, tingkat criminal yang dan persaingan antar inidivdu yang ketat dapat membuat diri kita stress. Secara tidak langsung, stress mampu membuat diri kita lemah dan sering bersikap lebih kasar daripada biasanya. Namun, kondisi stress ini dapat diatasi dengan melakukan berbagai cara, yang akan membuat kita bisa beraktifitas dan berpikir jernih kembali. Dilansir oleh vemale.com berikut ini cara yang bisa kalian coba untuk menghilangkan stress :

1. Seduh teh hijau


Sejak dulu teh hijau dipercaya dapat menenangkan pikiran. Teh hijau mampu meningkatkan produksi gamma-aminobutyric aciddi dalam otak, yang membantu seseorang merasa tenang, bahkan saat orang tersebut sedang dalam kondisi galau akut sekalipun. Meminum tiga ons (10 cangkir) teh hijau, mampu meringankan kelelahan yang telah terkumpul sejak 48 jam.


2. Mengganti wallpaper layar pc/laptop

Seorang peneliti Sheffield University di Inggris menyatakan bahwa hanya dengan menatap pantai yang indah, hutan ataupun lapangan, otak seseorang mampu terangsang untuk menghasilkan gelombang alfa, yang meningkatkan perasaan relaksasi dan ketenangan. Namun, bukan berarti kita harus berada di tempat tersebut, kita tetap bisa menikmatinya dengan mengganti wallpaper laptop kalian dengan gambar pemandangan yang menenangkan hati.

3. Lepaskan alas kaki

Lepas alas kaki dan berjalanlah. Berjalan di atas karpet lembut, rumput atau permukaan empuk lainnya, dapat merangsang titik-titik tekanan di telapak kaki Anda. Titik-titik tekanan tersebut akan memerintahkan otak untuk melepaskan hormon penenang yakni Dopamin. Biasakan untuk melakukan kegiatan ini 10-15 menit di waktu luang. Kegiatan ini mampu mengurangi stress hingga 33 persen.

4. Jauhi rasa kekhawatiran 

Cobalah untuk membawa notes mungil dan pulpen kemanapun kalian pergi. Beri tanda di notes setiap kali kalian tertekan atau was-was. Jumlahkan seluruh tanda di penghujung hari, dan lihat seberapa besar kekhawatiran kalian akan banyak hal. Ketika kalian sadar begitu banyaknya waktu yang terbuang percuma hanya untuk mengkhawatirkan sesuatu, jumlah tanda kekhawatiran kalan akan otomatis turun. Penelitian di The National Institutes of Mental Health menunjukkan bahwa kegiatan ini mampu mendorong orang untuk menjadi lebih sadar akan tidak baiknya mengeluh.

5. Bersuara pelan

Studi terbaru menunjukkan, salah satu cara paling sederhana untuk mengurangi tingkat stres adalah dengan suara yang tenang. Berbicara pelan dipercaya dapat mengurangi tekanan darah sebanyak 10 persen.

6. Tulis dalam selembar kertas

Menulis apapun yang ada di pikiran saat kalian tertekan akan membantu untuk melepaskannya. Sekedar curhat tanpa perlu memikirkan ejaan, tata bahasa dan gaya penulisan, akan dapat mengurangi kemarahan yang terpendam dan frustasi berlebihan. Menulis segala unek-unek, 15 menit setiap tiga kali dalam seminggu akan sangat efektif untuk mengurangi stress, sakit kepala, dll.

7. Bernyanyi di bawah shower

Mandi sambil bernyanyi di bawah shower dapat membantu pernapasan perut lebih santai. Ketika kalian bernyanyi, cobalah menghirup udara dalam-dalam dan bernapas secara alami. Strategi bernapas seperti ini akan menenangkan otak dan korteks serebral , yakni daerah otak yang membantu semua kontrol dari denyut jantung dan output hormon stres, ketegangan otot dan kecemasan.

Gimana nih masih stress? Dicoba dulu deh cara-cara diatas pasti ampuh hhe. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih ya sudah berkunjung :)

Sumber : vemale.com

Load comments