Monday, February 09, 2015

Makanan Manis dan Bermanfaat Bernama Cokelat

Cokelat




Makanan Manis dan Bermanfaat Bernama Cokelat


Cokelat, makanan olahan yang memiliki rasa yang nikmat dan manis serta memiliki aroma yang khas tentu membuatnya disukai banyak orang. Dibalik kenikmatannya cokelat juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Sebelum kita membahas manfaat dari cokelat, sebenarnya apa sih cokelat itu dan kandungan apa yang terdapat di dalamnya sehingga memiliki manfaat bagi tubuh.

Cokelat merupakan makanan yang diolah dari tanaman cocoa yang mana memiliki kandungan flavonoids yang tinggi. Nah, Flavonoids adalah bahan alami yang ada pada tanaman yang bekerja efektif melindungi tanaman dari racun dan memperbaiki kerusakan sel. Ternyata flavonoids ini juga memberikan manfaat agi tubuh manusia, yaitu berfungsi sebagai antioksidan yang berperan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. 

Pada cokelat, jenis flavonoids yang terkandung adalah flavanols. Flavanols memberikan manfaat yang baik bagi pembuluh darah dengan menurunkan tekanan darah serta memperbaiki aliran darah ke jantung dan otak. Flavanols juga dapat menciptakan sel-sel dalam darah menjadi tidak lengket dan mudah membeku. Namun, apakah semua jenis cokelat dapat memberikan manfaat ?

Sebenarnya, buah cocoa yang masih mentah memiliki flavanols yang tinggi namun karena cokelat yang biasa kita konsumsi telah melewati berbagai macam proses yang dilalui, seperti fermentasi dan pemanggangan yang membuat kadar flavanols pada cokelat berkurang. Tapi tenang karena hampir setiap produsen cokelat berusaha mempertahankan kandungan flavanols selama proses pengolahan.

Memang banyak ragam cokelat yang hadir di pasaran namun tidak kesemua cokelat tersebut memiliki kandungan flavanols yang tinggi. Sehingga, disarankan untuk mengkonsumsi dark cokelat atau cokelat hitam yang pekat karena memiliki kandungan flavanols paling mendekati dengan buah cocoa.

Dark cokelat merupakan pilihan bijak bagi kalian penggemar cokelat namun tetap batasi konsumsinya jangan berlebihan karena justru memberikan efek negatif bagi tubuh. Disarankan mengkonsumsi cokelat hanya beberapa kali dalam semingga dan dengan porsi sedang. Tidak ketinggalan, janganlah lupakan mengkonsumsi buah dan sayur agar kebutuhan tubuh terpenuhi dan menjadi seimbang. Sekian infonya semoga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Load comments