Thursday, March 26, 2015

Sakit Tenggorokan? Atasi Dengan Tips Berikut Ini

Sakit Tenggorokan

Sakit Tenggorokan? Atasi Dengan Tips Berikut Ini


Kita semua pasti pernah merasakan tenggorokan gatal dan sakit ketika menelan. Umumnya gejala tersebut menjadi sebuah pertanda awal kita akan terserang flu atau juga bisa disebabkan oleh bakteri. Sakit tenggorokan memang sungguh menggangu dan menyebalkan karena membuat kita tidak nyaman dalam berkomunikasi maupun ketika makan dan minum. Bila baru mengalami sakit tenggorokan selama tiga hari, saya punya beberapa tips nih buat ngatasinnya yang dikutip dari meetdoctor.com. Apa sajakah tips tersebut? mari kita simak di bawah ini tipsnya :


1. Meminum obat anti radang

Obat ini juga dapat ditemukan dengan mudah di apotek. Jenis obat-obatan ini, dapat meredakan bengkak yang menyebabkan tenggorokan terasa sakit dan juga dapat membantu meredakan demam.

2. Kumur dengan air garam

Larutkan setengah sendok teh garam di dalam secangkir air hangat. Tambahkan madu jika rasa asinnya terasa mengganggu. Berkumur dan jangan telan airnya. Larutan garam dapat mengencerkan dahak dan meredakan bengkak di tenggorokan, sekaligus membilas bakteri.

3. Permen pereda sakit tenggorokan atau semprotan


Mengkonsumsi permen pereda sakit tenggorokan yang sejuk seperti permen mentol, dapat menambah produksi air liur yang akan melembabkan tenggorokan. Selain permen, penyemprot rongga mulut dengan bahan pendingin alami, juga dapat meredakan sakit tenggorokan selama beberapa saat, karena sifatnya yang merupakan antiseptik lokal. 

4. Sirup obat batuk

Meski batuk belum mulai muncul, menkonsumsi obat batuk dapat membantu meredakan rasa sakit tenggorokan. Sirup obat batuk, dapat melapisi tenggorokan dan menghilangkan sakit selama beberapa saat.

5. Minum banyak cairan

Minumlah air secukupnya, hingga air seni berwarna jernih atau kuning muda. Dengan banyak minum air, jus buah dan makan makanan yang berkuah seperti sup ayam akan membuat membran lendir akan tetap lembab dan lebih mampu mengatasi bakteri dan pemicu alergi, untuk melawan balik penyebab gejala flu.

6. Minum teh

Teh herbal hangat dapat meredakan sakit pada tenggorokan. Namun, jenis teh lain seperti teh hitam, teh hijau maupun teh putih juga mengandung antioksidan yang sanggup memperkuat sistem imun tubuh dan melawan infeksi. Tambahkan sedikit madu pada teh untuk membantu pengobatan bekerja lebih efektif.

7. Sup ayam

Sup ayam dapat melegakan sakit tenggorokan karena kandungan garam di dalam kaldu ayam. Sup juga merupakan pilihan makanan yang tepat, saat tenggorokan terasa sakit untuk menelan makanan padat.

8. Banyak beristirahat

Pada dasarnya tidak dibutuhkan pengobatan khusus untuk mengatasi sakit tenggorokan, karena yang diperlukan hanyalah istirahat penuh, agar virus dapat dilawan dan kondisi tubuh membaik.
baca juga : Bahaya Kurang Tidur

9. Konsumsi antibiotik

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa sakit tenggorokan terjadi bukan hanya karena virus tetapi juga karena bakteri. Oleh karena itu diperlukan konsumsi antibiotik untuk pengobatan. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Nah, itu tadi beberapa tipsnya dan silakan dipilih yang mana menurut kalian cocok. Apabila tips di atas tidak berhasil maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk berobat. Kesehatan itu memang mahal oleh karena itu kita harus menjaganya dengan baik. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Load comments