Thursday, May 21, 2015

Dampak Negatif Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Pedas

Makanan Pedas

Dampak Negatif Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Pedas


Orang Indonesia pasti sudah sangat akrab dengan makanan pedas dan jika makan tersebut tidak pedas rasanya menjadi kurang nendang alias nikmat. Meski nikmat ternyata di balik makanan pedas tersebut memiliki risiko bagi kesehatan orang yang mengkonsumsinya. Dikutip dari loohealth.com berikut ini dampak negatif bagi kesehatan apabila sering mengkonsumsi makanan pedas :

1. Meningkatkan Risiko Gastric

Mengonsumsi makanan pedas dapat merusak dinding lambung karena makanan pedas bisa memicu meningkatnya asam lambung yang mana bisa menyebabkan kerusakan pada dinding lambung. 

2. Menyebabkan Gastritis Akut

Gastritis adalah peradangan atau pembengkakan yang terjadi di lambung dan gejalanya adalah mual, muntah dan diare. Dengan mengkonsumsi makanan pedas dengan sering dapat memperparah gastritis.

3. Menyebabkan Gastric Ulcer

Gastric Ulcer atau ulkus lambung adalah luka terbuka yang terdapat di dinding lambung. dan makanan pedas merupakan salah satu penyebab dari penyakit ini. Ketika terkena Gastric Ulcer maka perut akan terasa terbakar dan muncul gejala seperti mual dan muntah. 

4.Susah Tidur

Kalian pasti sudah tidak asing dengan penyakit susah tidur atau yang biasa disebut insomnia ya kan? Nah, ternyata makanan pedas bisa menjadi pemicu insomnia karena perut terasa kurang nyaman sehingga susah untuk tidur dan kalaupun bisa pastinya kurang nyenyak tidurnya. Oleh karena itu hindari makanan pedas pada malam hari.

Nah, Itu adalah beberapa dampak negatif bagi kesehatan yang ditimbulkan oleh seringnya mengkonsumsi makanan pedas. Dilihat dari dampak negatif di atas dapat disimpulkan bahwa terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas akan mengakibatkan permasalahan pada perut terutama lambung yang mana merupakan organ pencernaan kita.
Pada dasarnya sih sah-sah saja untuk mengkonsumsi makanan pedas hanya saja jangan terlalu sering dan tingkat pedas masih dalam batas normal. Ingat sayangilah lambung kalian jangan sampai sudah luka karena kalau sudah luka bakal repot makan apa saja jadi terasa tidak enak. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah  berkunjung :)

sumber : loohealth.com

Load comments