Thursday, January 08, 2015

Nih Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh, Banyak Banget Loh

Bahaya Merokok

Nih Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh, banyak Banget Loh


Sudah bukan rahasia lagi kalau merokok itu sangat berbahaya bagi kesehatan. Namun, tetap saja banyak orang yang merokok meski peringatan pada rokok terpampang jelas bahaya dari merokok disertai gambar yang MENGERIKAN! Yang diakibatkan dari merokok. Nah, sialnya tidak hanya perokok aktif yang mendapatan efek negatif dari rokok, tetapi perokok pasif atau orang yang tidak merokok namun terpapar atau terhirup asap rokok juga akan mendapatkan efek negatif dari rokok.
Di Inggris sudah ada sekitar 100 ribu orang meninggal setiap tahunnya hanya karena merokok. Kematian tersebut berhubungan dengan rokok karena menyebabkan kanker, penyakit paru, dan penyakit jantung. Di Indonesia, persentase orang yang mengonsumsi rokok dinyatakan terbesar se-Asia Tenggara. Selain itu, berdasarkan data yang diterbitkan oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Southeast Asia Tobacco Control Alliance, beserta Komisi Pengendalian Tembakau, Indonesia menduduki urutan ketiga dengan jumlah perokok terbanyak di dunia setelah China dan India pada tahun 2012. Merokok juga meningkatkan risiko terserang sejumlah penyakit karena kandungan yang terdapat pada rokok. Dikutp dari meetdoctor.com berikut beberapa bahaya dari merokok dan beberapa penyakit yang timbul karena rokok :
  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). 
  • Kanker paru-paru. 
  • Penyakit jantung. 
  • Berbagai macam kanker, seperti kanker mulut, hidung tenggorokan, kerongkongan (esofasgus), pankreas, kandung kemih, leher rahim, darah (leukemia), dan ginjal. 
  • Bahan kimia pada tembakau dapat merusak lapian pembuluh darah dan memengaruhi jumlah lemak dalam aliran darah. Hal tersebut meningkatkan risiko penyakit pengerasan pembuluh darah (ateroma). 
  • Perokok lebih mungkin mengalami impoten atau mengalami kesulitan dalam mempertahankan ereksi bila dibandingkan seseorang yang tidak merokok. Hal tersebut diduga karena terjadinya kerusakan yang berhubungan dengan pembuluh darah ke penis. 
  • Rheumatoid Artritis adalah kondisi autoimun yang ditandai dengan peradangan sendi dan kerusakan jaringan ikat. Organ lain, termasuk jantung, paru-paru, ginjal, dan kulit pun bisa terpengaruh. 
  • Perokok cenderung memiliki lebih banyak garis atau keriput pada wajah yang menyebabkan wajahnya lebih terlihat tua daripada usianya. 
  • Mengurangi kesuburan baik bagi pria maupun wanita. 
  • Pada beberapa wanita yang merokok biasanya mengalami menopause dua tahun lebih awal daripada non-perokok. 
Selain beberapa penyakit di atas, merokok juga sering menyebabkan gejala beberapa penyakit. Seperti asma, pilek, flu, infeksi dada, TBC, rhinitis kronis, hipertiroiddisme, multiple sclerosis, dan retinopati diabetes. Tidak hanya itu, merokok pun meningkatkan risiko berbagai macam kondisi seperti, demensia, katarak, degenerasi macula, fibrosis paru, psoriasis, penyakit gusi, kehilangan gigi, osteoporosis, dan neuropati optik.
Wow! Banyak banget kan penyakit yang ditimbulkan oleh rokok. Sayangi diri dan keluarga kalian berhentilah merokok tidak ada kata terlambat kok untuk berhenti. Atau takut dibilang tidak jantan karena tidak merokok? Hha.. justru rokok bisa bikin kejantanan kalian HILANG!. Jadi, berhentilah merokok tidak usah gubris orang-orang yang ngata-ngatain kalian karena tidak ngerokok, berhenti merokok akan menghindarkan kalian dari berbagai macam penyakit berbahaya atau risiko kematian akibat merokok. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Load comments