Sunday, February 15, 2015

Jenis Makanan Yang Baik Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Makanan Bayi 6 Bulan




Jenis Makanan Yang Baik Untuk Bayi Usia 6 Bulan


Anak merupakan anugrah sekaligus amanah yang diberikan oleh Allah. Oleh karena itu sebagai orang tua harus merawat, menyayangi dan mendidiknya menjadi anak yang soleh/solehah serta menjadikannya anak yang berguna bagi banyak orang dan negara. Untuk memastikan hal tersebut, orang tua selain memberikan pendidikan dan kasih sayang juga harus memperhatikan nutrisi pada anak.


ASI merupakan hal yang wajib didapatkan oleh setiap anak, namun ketika anak menginjak usia 6 bulan sebaiknya diberikan makanan untuk mendampingi ASI. Karena di usia tersebut kebutuhan nutrisi bayi sudah tidak lagi terpenuhi hanya dengan ASI. Pada usia 6 bulan pula bayi sudah memiliki sistem pencernaan yang cukup sempurna untuk menerima makanan padat. Namun bukan berarti si kecil siap untuk menerima segala macam makanan padat karena harus diperhatikan tingkat kekentalan dan kepadatan makanan tersebut. Nah, apa saja kah jenis makanan yang baik untuk bayi usia 6 bulan? Berikut ini jenis makanan tersebut yang dikutip dari meetdoctor.com :

1. Sereal nasi yang diperkaya zat besi 

Sereal jenis ini sangat mudah kita temui di pasaran tetapi, perlu diingat untuk selalu mengecek tanggal kadaluarsa serta hindari yang mengandung pewarna, penambah rasa serta bahan kimia lainnya. Sereal merupakan pilihan yang baik selain mudah dicerna juga risiko terjadinya alergi sangat kecil. Ketika ingin memberi makan si kecil campurkanlah sereal yang sudah matang/siap saji dengan lima sendok teh ASI lalu gunakan sendok khusus bayi yang sudah steril untu menyuapkan. 

2. Buah dan sayur 

Tentunya tidak semua jenis buah dan sayur yang bisa diberikan kepada si kecil. Disarankan seperti buah pisang, pir, dan apel yang dihaluskan lalu dicampur dengan sayuran seperti wortel, labu, dan bunga kol. Selain itu juga bisa dicampurkan dengan jenis sayuran yang memiliki kandungan zat tepung, seperti kentang, ubi manis, atau ketela. 

3. Campuran cairan lain 

Campurkanlah cairan selain air seperti air kelapa, jus buah, jus sayuran, serta kaldu sayuran yang dicampur ke dalam sayuran rebus. 

Sebagai tahap awal, tentu bayi yang terbiasa dengan konsumsi ASI akan kaget bila tiba-tiba diberi makanan padat, oleh karena itu olah makanan dalam tekstur yang lebih cair, seperti jus buah dengan campuran banyak ASI dan air. Kemudian secara bertahap dibuat makanan menjadi lebih kental. 

Agar si kecil tidak menjadi bosan, kenalkanlah berbagai warna sayuran dan buah yang berbeda ke dalam menu si kecil. Sebaiknya, hingga usia satu tahun, si kecil dihindarkan dari konsumsi gula dan garam. Dan satu hal yang tidak kalah penting adalah pastikan kebersihan makanan yang dikonsumsi si kecil. Sekian infonya moga bermanfaat ya. 

Terima kasih sudah berkunjung :) 

sumber : meetdoctor.com

Load comments