Sunday, February 01, 2015

Makanan Pengganti Wortel Yang Baik Untuk Kesehatan Mata

wortel




Mata merupakan salah satu indera yang dapat melemah kemampuannya seiring bertambahnya usia. Namun ternyata orang yang masih muda pun kemampuan matanya bisa menjadi lemah sehingga tidak asing bagi kita kalau zaman sekarang anak yang masih muda bahkan masih usia 7 atau 8 tahun sudah mengenakan kacamata (termasuk saya hha..). Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya seperti membaca pada kondisi penerangan yang kurang atau membaca sambil posisi tidur, menonton televisi terlalu dekat, menatap monitor dalam waktu lama dan masih banyak lagi.

Makanan Pengganti Wortel Yang Baik Untuk Kesehatan Mata


Kalau begitu apakah ada cara untuk memelihara kesehatan mata? Tentu ada dong, banyak orang menyarankan untuk mengkonsumsi wortel untuk memelihara kesehatan mata. Namun, apakah cuma wortel? Tapi kita ada yang tidak suka sama wortel apa ada alternatif makanan lain? Ada juga dong tentunya, wortel kan memang terkenal oleh masyarakat luas sebagai makanan yang dapat memelihara kesehatan mata tetapi tidak semua orang tahu ada makanan lain yang tidak kalah hebat dari wortel dalam memelihara kesehatan mata. Penasaran? Baiklah, dilansir dari lifehack.org berikut ini 3 jenis makanan yang tidak kalah oleh wortel dalam urusan memelihara kesehatan mata :

1. Kuning Telur

Kuning telur memang memiliki kandungan kolesterol jahat yang tinggi tetapi, dibalik itu semua kuning telur juga memiliki kandungan yang baik untuk memelihara kesehatan mata. Menurut Paul Dougherty, kepala medis Dougherty Laser Vision di Los Angeles, kuning telur merupakan sumber utama dari lutein. Apa itu Lutein? Lutein adalah antioksidan yang berfungsi sebagai penyaring biru dan bisa melawan radikal bebas ketika bergabung dengan senyawa zeaxanthin. Dengan kolaborasi lutein dan seng yang terdapat pada kuning telur dapat mengurangi risiko terkena degenerasi makula yang disebabkan bertambahnya usia yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang yang usianya di atas 65 tahun. Cara terbaik untuk mendapatkan hasil yang optimal sebenarnya adalah dengan mengkonsumsinya mentah-mentah karena diyakini mengandung lebih banyak luteinnya daripada sudah dimasak. Namun, demi menghindari terkena flu burung lebih baik telur dimasak sampai benar-benar matang dan disarankan direbus daripada di goreng karena bila digoreng tentu saja menambah kolesterol jahat yang diperoleh dari minyak goreng.

2. Bayam

Kalian pasti kenal bukan karakter Popeye The Sailorman? Karakter ini selalu memakan bayam untuk menambah kekuatannya hingga membuat musuhnya Bluto ketakutan. Namun, tahukah kaliah bahwa bayam juga sangat kaya akan antioksidan yang baik untuk mata, yaitu lutein dan zeaxanthin. Jadi, bisa dikatakan bayam mampu menurunkan risiko terkena degenerasi makula dan katarak. Untuk hasil optimal, disarankan dalam proses memasaknya ditambahkan dengan minyak zaitun berkualitas baik.

3. Kacang Almond

Terakhir adalah kacang almond. Kacang Almond dikenal kaya akan vitamin E yang berarti baik untuk kesehatan kulit. Namun, vitamin E ternyata tidak hanya baik untuk kulit, tetapi juga baik untuk kesehatan mata bahkan dapat mengurangi risiko terkena degenerasi makula serta katarak. Kalian bisa mengkonsumsi segenggam kacang almond sebagai cemilan setiap hari untuk mendapatkan gizi dan nutrisi yang cukup.


Baiklah, itu tadi adalah alternatif lain pengganti wortel untuk memelihara kesehatan mata kita dan dapat dipastikan ketiga jenis makanan tersebut tentunya sehat tinggal pintar-pntarnya kita saja dalam memilih kualitas makanan dan mengolahnya. Well, sekian infonya semoga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : lifehack.org

Load comments