Thursday, March 05, 2015

Beberapa Tips Agar Olahraga Lari Kalian Menyenangkan

lari

Apa sih olahraga yang paling murah dan tidak ribet? Dengan mudah saya jawab yaitu olahraga lari. Lari merupakan olahraga termurah karena kalian tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam bahkan tidak perlu sama sekali yang kalian butuhkan hanyalah waktu. Ya, hanya waktu bila tidak memiliki sepatu kalian masih tetap bisa berlari tanpa alas kaki serta lari tidak membutuhkan lapangan yang khusus kalian bisa melakukannya hampir di mana saja.

Beberapa Tips Agar Olahraga Lari Kalian Menyenangkan


Lalu, mengapa masih banyak orang malas untuk berolahraga lari? Seperti yang saya katakan di atas yang sebenarnya kalian butuhkan adalah “waktu”. Kita sering disibukkan oleh aktivitas harian seperti bekerja atau menuntut ilmu mulai dari pagi hingga sore, jadi kita sering merasa sudah terlalu lelah dan rasa malas menyerang. Padahal sejatinya kita tidak membutuhkan waktu yang lama dalam berolahraga yang penting rutin dilakukan. Nah, untuk mengusir rasa malas tersebut ada beberapa tips yang saya kutip dari womenshealtmag.com lalu, apa sajakah tips-tipsnya? Berikut ini beberapa tips agar olahraga lari menjadi menyenangkan sehingga tidak dikalahkan oleh rasa malas :


1. Atur Langkah Lari 

Mungkin ada orang yang malas berlari dikarenakan mereka tidak memiliki stamina yang kuat sehingga baru beberapa langkah sudah kelelahan. Pada dasarnya lari kita akan semakin kuat dan jauh jaraknya bila dibiasakan tetapi ada juga faktor teknis yang mempengaruhi seperti langkah kaki. Untuk orang awam pasti berpikiran bahwa memiliki langkah kaki yang panjang akan membuat kita berlari semakin cepat mencapai tujuan. Namun, hal itu tidak benar yang ada kalian hanya membuang-buang tenaga karena langkah yang panjang sangat tidak efektif. Untuk itu atur langkah kaki kalian melangkahlah dengan jarak yang tidak terlalu lebar dan tidak terburu-buru karena dengan cara ini kalian dapat menghemat energi dan membuat kalian bisa berlari lebih lama.

2. Kenakan Baju dan Celana Yang Nyaman

Mungkin hal ini yang sering terlepas dari perhatian kita apa sih hubungannya baju dan celana dengan lari? Tentunya ada dong, bisa jadi sepatu yang kita kenakan tidak nyaman tapi kalian dapat melepasnya kemudian lanjut berlari, sedangkan kalau baju atau celana yang kalian kenakan tidak nyaman apa mau dilepas juga? tentu saja tidak mungkin yang ada malah ditangkap pihak berwajib. Oleh karena itu disarankan gunakan baju dan celana yang nyaman, gunakanlah baju yang tidak terlalu ketat agar tidak menyulitkan pernapasan dan hindari celana yang terlalu ketat serta berbahan yang tidak bisa melar seperti jeans karena mengganggu pergerakan.

3. Hindari Dehidrasi Dengan Minum Yang Cukup 

75% tubuh kita terdiri dari cairan dan cairan tersebut akan keluar dari tubuh melalui keringat dan nafas. Bila kita kekurangan cairan atau dehidrasi akan memperbesar risiko cidera saat berlari untuk itu tidak ada salahkan berhenti sejenak untuk minum. Perlu diingat minum dalam jumlah yang banyak saat sedang berhenti karena hal ini dapat menyebabkan perut kram, sebaiknya minum secukupnya saja kemudian lanjut berlari.

4. Nikmati Musik

Mendengarkan musik bukanlah hal yang susah pada zaman sekarang karena banyak perangkat yang dapat memutar musik dari berbagai macam ukuran dari yang besar hingga kecil dan bisa dengan mudah kita bawa kemana-mana. Mendengarkan musik dapat membuat aktivitas lari jadi menyenangkan dan tidak membosankan. Maka dari itu siapkan playlist lagu-lagu favorit untuk menemani kalian berlari.

5. Ajak Teman Kalian

Pasti sangat membosankan bila berlari hanya sendirian dan terkadang ada kalanya mendengarkan lagu tidak efektif untuk membuat aktivitas lari jadi menyenangkan. Untuk mengatasinya kita bisa mengajak teman atau pasangan hal ini dapat memotivasi kita untuk berlari karena kita dapat ngobrol sambil berlari dengan mereka atau mengajak mereka lomba lari bagi siapa yang kalah harus traktir minum yang menang haha. Pastinya seru bukan dan aktivitas lari kalian tidak lagi membosankan dan rasa malas akan hilang.

Nah, itu tadi beberapa tips agar olahraga lari jadi menyenangkan dan mengusir rasa malas untuk berlari. Ayo tunggu apalagi lari olahraga yang murah dan kalian tidak harus berlari dalam waktu lama kok 5 menit saja sudah cukup untuk mendapatkan manfaat lari bagi kesehatan kalian, tetapi ada satu jenis lari yang tidak menyehatkan yaitu lari dari kenyataan haha. Sekian infonya moga bermafaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : womenshealthmag.com

Load comments