Tuesday, October 28, 2014

Cukup Olahraga Lari 5 Menit Dalam Sehari dan Dapatkan Manfaatnya

Cukup Olahraga Lari 5 Menit Dalam Sehari dan Dapatkan Manfaatnya

Cukup Olahraga Lari 5 Menit Dalam Sehari dan Dapatkan Manfaatnya


Kita sering malas karena meluangkan waktu yang cukup lama untuk melakukannya jadi serasa jadi beban kalau mau olahraga. Eitss tunggu dulu, kalian tahu tidak kalau olahraga lari cukup selama lima menit sehari, kita bisa mendapatkan manfaat yang besar, yang mana manfaat tersebut tidak hanya baik bagi tubuh tetapi juga untuk pikiran. Nah, seperti dilansir oleh lifehack.org berikut ini manfaat dari olahraga lari yang bisa kita dapatkan :


1. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kardiovaskular


Penyakit kardiovaskular adalah suatu penyakit yang banyak menyebabkan kematian di Amerika Serikat. Dan melakukan olahraga ringan selama lima menit sehari bisa mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular sebesar 50 persen. Sebuah penelitian yang mengkaitkan kegiatan lari dalam waktu luang dan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, dipublikasikan oleh American College of Cardiology yang meneliti lebih dari 55.000 orang dewasa dan mengamati kebiasaan olahraganya selama lebih dari 15 tahun, menemukan bahwa orang-orang yang mau sedikit saja lebih aktif bisa memiliki jantung dan paru-paru yang lebih kuat. 

2. Hidup Tiga Tahun Lebih Lama

Selain mengurangi risiko kematian, olahraga lari juga bisa memperpanjang hidup kalian. Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh American College of Cardiology, dari 55.000 orang, kelompok orang yang berolahraga secara teratur bisa memiliki rata-rata hidup tiga tahun lebih lama. Bahkan orang-orang yang olahraga kurang dari 51 menit saja per minggu bisa memiliki risiko kematian akibat penyakit lebih sedikit dibandingkan orang-orang yang tidak olahraga sama sekali dalam satu minggu. Dengan kata lain, olahraga minimal lima menit saja per hari bisa membuat kita memiliki peluang untuk mendapatkan hidup yang lebih panjang.

3. Meningkatkan Suasana Hati (Mood) 

Olahraga lari selain baik untuk tubuh tetapi juga baik untuk kondisi mental kita. Apabila ingin mendapatkan mood yang lebih baik, kita bisa langsung melakukan olahraga lari di pagi hari. Tapi bukan berarti kita harus lari dari masalah yah hhe... 

4. Meningkatkan Fungsi Mental 

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Psychiatry berjudul "Running to catch up: rapid generation of evidence for interventions in learning disability services" menyimpulkan bahwa olahraga bisa meningkatkan fungsi mental. Sehingga olahraga pun bisa membantu kita tetap menjaga kemampuan untuk terus mencerna dan mempelajari hal-hal baru. Bahkan saat ini ada beberapa sekolah yang mengadopsi program olahraga pagi hari. Dikarenakan olahraga pagi ternyata bisa meningkatkan kemampuan anak-anak untuk belajar.

5. Menjaga Kondisi Tekanan Darah 

Berolahraga secara teratur bisa meningkatkan tekanan darah. Para peneliti telah mempublikasikan sebuah penelitian "aerobic interval training reducing blood pressure and improving myocardial function in hypertensive patients" yang diterbitkan oleh European Journal of Preventative Cardiology. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa semakin sering berolahraga, maka tekanan darah dapat terjaga dengan lebih baik. Saat tekanan darah dalam kondisi yang stabil, maka risiko terkena serangan jantung dan stroke pun tentu akan berkurang.
Nah, Gimana? besar kan manfaat dari olahraga lari yang bahkan tidak membutuhkan waktu yang banyak, cukup lima menit dalam sehari kita sudah bisa mendapatkan manfaatnya. Jadi, tunggu apalagi luangkan waktu kalian lima menit di pagi hari untuk olahraga lari dan dapatkan manfaatnya. Bila rasa malas menyerang kalian bisa mengikuti tips berikut ini agar rasa malas untuk berlari hilang. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : lifehack.org

Load comments