Saturday, March 14, 2015

Meski Dapat Mengakibatkan Bau Tak Sedap, Petai Memiliki Manfaat Yang Luar Biasa

petai

Meski Dapat Mengakibatkan Bau Tak Sedap, Petai Memiliki Manfaat Yang Luar Biasa


Petai atau pete merupakan makanan yang sebenarnya enak hanya saja menjadi banyak yang tidak suka karena dibilang makanan “wong ndeso” dan juga karena dapat membuat nafas kita menjadi tidak sedap alias bau. Tapi bukan berarti tidak ada yang suka pete, bahkan saya sendiri menyukai pete yang dibikin sambal goreng hhmmm pokok’e maknyus hehe. Dibalik efeknya yang dapat membuat nafas kita menjadi tidak sedap, ternyata pete memiliki manfaat yang tidak bisa dianggap remeh loh. Dikutip dari healthbenefitstimes.com berikut manfaat pete bagi kesehatan kita :

1. Mengurangi stress

Menurut penelitian oleh MIND, pete mengandung tryptophan yaitu sejenis protein yang dapat menghasilkan hormon bahagia dan membuat tubuh menjadi lebih santai. Jadi, saat bersedih lampiasin aja konsumsi pete biar bahagia lagi.

2. Tubuh menjadi lebih segar

Pete dapat membuat hati menjadi lebih tenang dan tubuh lebih segar karena mengandung vitamin B6 yang dapat mengatur gula darah. Jadi, bai para wanita yang sedang menstruasi bisa mengkonsumsi pete agar hati menjadi lebih tenang dan tidak terlalu sensitif lagi

3. Menjaga tekanan darah

Pete kaya akan kalium namun rendah garam, sehingga tekanan darah tetap terjaga stabil. Bahkan ada obat untuk menjaga tekanan darah, mencegah risiko penyakit jantung dan stroke yang terbuat dari pete di Amerika Serikat.

4. Menjaga kesehatan mata

Selama ini makanan yang terkenal baik untuk kesehatan mata adalah wortel, namun tahukah kalian ternyata pete juga tidak kalah baiknya untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Disamping itu karena pete mengandung kalium yang tinggi, sehingga dapat menjaga konsentrasi kalian.

5. Mengatasi sembelit

Perut jadi buncit karena sembelit? Atasi dengan konsumsi pete. Pete mengandung banyak serat yang dapat melancarkan pencernaan. Bahkan, WHO sendiri mengatakan bahwa pete merupakan makanan yang tinggi serat. Jadi, sembelit bisa teratasi dan pencernaan pun jadi lancar.

Nah, itu tadi manfaat pete bagi kesehatan kita. Jadi, masih tidak suka makan pete? Padahal manfaatnya sangat baik loh. Oh iya tips dari saya nih, berdasarkan pengalaman setelah mengkonsumsi pete minumlah segelas air hangat untuk menghilangkan aroma tidak sedap yang ditimbulkan pete. Jika ada yang ingin menambahkan silakan isi pada kolom komentar di bawah ini ya. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

Sumber : healthbenefitstimes.com

Load comments