Thursday, July 30, 2015

Apakah Cara Memasak Nasi Kalian Sudah Benar? Yuk Cek Di Sini

Cara Memasak Nasi Yang Sehat

Apakah Cara Memasak Nasi Kalian Sudah Benar? Yuk Cek Di Sini


Nasi putih merupakan makanan pokok bangsa Indonesia yang mana artinya setiap hari orang Indonesia pasti makan nasi putih. Makanya tidak mengherankan jika timbul istilah "kalau tidak makan nasi belum kenyang".
Nah, ternyata dalam memasak nasi tidak boleh sembarangan agar dapat memangkas kalori dalam nasi sehingga menjadi lebih sehat khususnya untuk nasi putih. Seperti yang dikutip dari sciencealert.com berikut ini cara memasak nasi yang benar agar lebih sehat :


Nasi yang dimasak dengan cara menanak dengan air lalu dibiarkan hingga matang akan memiliki karbohidrat sederhana yang lebih tinggi, yang mana mudah diserap tubuh tetapi mudah menjadi lemak tubuh jika tidak dibakar dengan aktivitas fisik misalnya seperti olahraga.

Mahasiswa Sri Lanka melakukan percobaan untuk menemukan bagaimana cara memasak nasi yang sehat. Nah, cara tersebut adalah rebus air hingga mendidih, lalu tambahkan minyak kelapa sekitar 3% dari berat beras yang mau dimasak. Kira-kira sekitar 1 sendok teh jika memasak setengah gelas takar beras. Setelah itu baru masukkan beras yang mau dimasak. Setelah matang, biarkanlah dingin dan simpan nasi dalam kulkas hingga sekitar 12 jam dan keluarkan. Kemudian, hangatkan sebentar di microwave sebelum siap untuk disajikan. Dengan cara ini kalori pada nasi akan berkurang hingga 50 persen.

Nah, itu dia cara memasak nasi yang sehat memang sih kelihatannya ribet banget ya kalau sudah lapar banget gimana nih masa harus nunggu 12 jam bisa-bisa mati kelaparan. Yah, begitulah sehat itu pilihan kalau tidak kalian bisa mensiasatinya dengan memasak nasi hari ini untuk dimakan esok hari atau masak pagi untuk dimakan sore dan malam hari. Masih terdengar ribet sih ya kalau gitu ada kok alternatif lain pengganti nasi putih yang lebih sehat, mau tahu? cek aja pada artikel berikut ini (Makanan Sehat Pengganti Beras Putih). Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : sciencealert.com

Load comments