Saturday, July 04, 2015

Manfaat Luar Biasa Ibadah Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Dan Mental

Manfaat Luar Biasa Ibadah Puasa

Manfaat Luar Biasa Ibadah Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Dan Mental


Bulan Suci Ramdhan merupakan bulan yang penuh berkah dengan dibukanya pintu surga lebar-lebar. Di bulan Suci Ramadhan ini banyak ibadah yang diganjar pahala berlipat-lipat misalnya seperti menunaikan ibadah puasa yang mana memang di bulan Suci Ramadhan ibadah puasa hukumnya wajib.
Selain ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah ibadah puasa juga memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh dan mental. Dikutip dari alarabiyanews.com berikut ini beberapa manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh dan mental yang bisa kita dapatkan dari ibadah puasa :

1. Pikiran Menjadi Lebih Dewasa Dan Hati Terkontrol Dengan Baik 

Selama berpuasa kita dituntut untuk selalu mengendalikan diri dengan menjauhi hal-hal negatif mengendalikan hawa nafsu. Dengan menjauhi hal negatif tentunya membuat kita selalu berpikir positif dan dewasa serta hati menjadi lebih tenang.

2. Jantung Menjadi Lebih Sehat

Tidak bisa dipungkiri bahwa jantung merupakan salah satu organ vital yang terdapat dalam tubuh oleh karena itu haruslah dijaga kesehatannya. Dengan berpuasa peredaran darah menjadi lancar karena kolesterol jahat menurun dan kolesterol baik meningkat yang mana kolesterol jahat merupakan aktor dalam penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

3. Hilangnya Kecanduan 

Siapa yang tidak mengetahui rokok dan kopi? Ya, kedua hal tersebut dapat membuat orang kecanduan. Selama berpuasa kita dilarang untuk makan dan minum termasuk merokok dengan seringnya berpuasa kecanduan kita bisa sedikit demi sedikit hilang karena toh kita bisa meninggalkan rokok dan kopi ketika berpuasa.

4. Berat Badan Menurun 

Puasa merupakan metode diet terbaik karena tidak hanya menurunkan berat badan tetapi juga menyehatkan tubuh dan pikiran. Selama berpuasa waktu makan kita menjadi lebih terkendali dan teratur. Selama berpuasa lemak-lemak dalam tubuh akan dibakar sebagai sumber energi sehingga berat badan menurun dan lebih sehat karena tidak ada lemak berlebih.

Nah, cukup jelas bukan manfaat puasa sungguh luar biasa selain mendapatkan pahala tubuh pun menjadi sehat serta pikiran menjadi lebih jernih karena selalu menghindari hal negatif dan juga terhindar dari stres. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : alarabiyanews.com

Load comments