Thursday, July 09, 2015

Mengapa Kurma Sangat Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa? Berikut Alasannya

Manfaat Buah Kurma

Mengapa Kurma Sangat Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa? Berikut Alasannya


Tentu bukanlah hal yang susah untuk mendapatkan buah kurma ketika di bulan Ramadhan, karena banyak sekali pedagang-pedagang yang menjualnya. Buah kurma juga dianjurkan sebagai salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Mengapa bisa demikian? Dikutip dari livestrong.com terdapat manfaat kurma yang menjadi alasan mengapa kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa :

1. Tidak menaikkan gula darah

Kurma memanglah buah yang memiliki rasa yang manis sehingga banyak orang menyangka jika mengkonsumsi kurma akan meningkatkan kadar gula dalam darah mereka. Ternyata anggapan tersebut salah karena kurma sama sekali tidak meningkatakan kadar gula dalam darah karena buah kurma memiliki glikemik indeks yang rendah pada kandungan gula alaminya. Bahkan buah kurma aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

2. Meningkatkan asupan serat

Kurma memanglah buah yang memiliki kandungan air yang sedikit namun kurma memiliki serat yang sangat kaya. Kandungan serat pada kurma merupakan jenis serat yang tidak larut sehingga dapat mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang keluar tubuh.

3. Menurunkan kolesterol

Seperti penjelasan pada poin 2 di atas yang mana kurma memiliki serat yang dapat mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang keluar tubuh. Dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa buah kurma dapat menurunkan kolesterol sehingga dengan mengkonsumsi kurma kita dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

4. Meningkatkan asupan vitamin dan mineral

Kurma merupakan buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Kurma memiliki kandungan vitamin B kompleks, B-6, K dan A. Selain itu kurma juga kaya akan mineral seperti potasium/kalium, tembaga, mangan, kalsium, fosfor, zat besi dan seng.
Luar biasa bukan kandungan gizi yang terdapat dari buah khas timur tengah ini yang mana memiliki rasa yang manis namun tidak membuat kadar gula dalam darah meningkat sehingga sungguh pas untuk berbuka puasa. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : livestrong.com

Load comments