Monday, October 19, 2015

Apakah Yang Terjadi Di Dalam Tubuh Saat Berolahraga? Di Sini Jawabannya

Apakah Yang Terjadi Di Dalam Tubuh Saat Berolahraga? Di Sini Jawabannya

Apakah Yang Terjadi Di Dalam Tubuh Saat Berolahraga? Di Sini Jawabannya


Olahraga merupakan kegiatan yang menyehatkan namun pernahkah kalian berpikir kenapa olahraga dapat menyehatkan tubuh memangnya apa sih yang terjadi dalam tubuh saat kita sedang berolahraga? Jika kalian pernah bertanya atau berpikir seperti itu maka jawabannya akan kalian dapatkan pada artikel ini.
Saat berolahraga terdapat beberapa hal yang mempengaruhi otak, jantung, otot, hati serta lemak tubuh. Sebagaimana dikutip dari visual.ly hal-hal tersebut :

1. Otak

Dimulai dari otak. Saat berolahraga Otak akan memproduksi endorfin dan BDNF. Endorfin adalah senyawa yang dapat meredakan stres, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan suasana hati jadi bahagia serta meredakan nyeri. Kemudian, BDNF adalah senyawa yang membantu menguatkan syaraf otak yang membuat kalian bisa cepat nangkap dalam belajar. 

2. Otot

Olahraga juga merupakan salah satu cara untuk memperkuat otot-otot tubuh. Karena saat berolahraga otot berkontraksi dan hal inilah yang akan memicu produksi serat otot lebih baik sehingga tubuh punya massa otot lebih banyak. 

3. Jantung

Saat berolahraga detak jantung pasti akan meningkat. Kondisi ini dapat memperkuat otot jantung dan menurunkan risiko serangan jantung serta penyumbatan arteri.

4. Hati

Olahraga juga dapat memberikan dampak yang positif bagi hati. Saat berolahraga hati akan lebih produktif dalam memproduksi sel darah merah yang sehat dan membantu membakar glukosa dengan asam laktat tanpa menggunakan insulin. Dengan terbakarnya glukosa maka dapat dikatakan olahraga dapat menurunkan risiko diabetes.

Nah, itulah tadi yang terjadi pada organ di dalam tubuh saat kita berolahraga dan semuanya berdampak positif bagi kesehatan bukan? Oleh karena itu olahraga merupakan kegiatan yang menyehatkan tapi patutu diingat saat selesai berolahraga cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air putih agar tidak dehidrasi atau kalian dapat mengikuti tips menghindari dehidrasi di sini selain itu konsumsi makanan yang kaya akan protein. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : visual.ly

Load comments