Tuesday, November 10, 2015

Tempe, Makanan Super Asli Indonesia Yang Murah, Enak Dan Sehat

Tempe, Makanan Super Asli Indonesia Yang Murah, Enak Dan Sehat

Tempe, Makanan Super Asli Indonesia Yang Murah, Enak Dan Sehat


Hari gini belum pernah makan tempe? Kemana aja kalian? Sebagai orang Indonesia sepertinya akan sangat aneh bila tidak pernah makan tempe. Karena makanan satu ini sangat mudah ditemukan di pasaran bahkan menjadi favorit banyak orang termasuk saya. Kalau sudah ada tempe mau itu daging sapi, ayam, ikan atau udang bakalan lewat saya lebih memilih tempe.
Nah, jika kalian masih belum mengetahui apa itu tempe saya bakal memberikan sedikit penjelasan mengenai makanan satu ini. Tempe adalah makanan asli Indonesia yang berbahan baku dasar kacang kedelai yang mana kacang kedelai tersebut difermentasi dengan ragi tempe. Tempe dapat dimasak dengan berbagai macam cara entah itu digoreng, direbus atau disayur.
Ternyata selain tempe memiliki rasa yang enak serta harganya yang murah tempe juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik bahkan dalam sebuah studi gizi pada tempe disejajarkan dengan yoghurt. Karena kandungan gizinya yang tinggi tempe memiliki manfaat yang banyak sebagaimana dikutip dari livestrong.com berikut ini :
  • Karena mengandung 18 jenis protein tinggi sehingga tempe sangat baik untuk kesehatan tubuh.
  • Kandungan lemak tak jenuh pada tempe yaitu omega 6 dan 3 sangat baik untuk menurunkan risiko jantung.
  • Tempe mampu mencegah berbagai macam jenis penyakit berbahaya, seperti; jantung koroner, tekanan darah tinggi dan diabetes.
  • Tempe merupakan sumber vitamin yang banyak sehingga mampu memenuhi semua kebutuhan vitamin dalam tubuh.
  • Tempe sangat banyak mengandung mineral dan kalsium yang mana sangat baik untuk pencegahan osteoporosis dan darah rendah.
  • Tempe memiliki kandungan antidotum dan antisianida yang mampu mencegah keracunan dalam tubuh.
  • Mengkonsumsi tempe dapat menghindarkan kalian dari perut kembung dan begah.
  • Tempe mengandung zat antibiotik yang dapat mencegah diare.
  • Tempe mampu menurunkan lipid dan lemak dalam darah.
  • Terakhir, tempe juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan syaraf.

Sungguh banyak bukan manfaat tempe bahkan mungkin bisa dibilang harga tempe yang murah tidak sebanding dengan besarnya manfaat yang diberikan oleh tempe. Jadi, masih tidak suka tempe? Rugi banget deh pokoknya kalau sampai tidak suka. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : livestrong.com

Load comments