Sunday, December 13, 2015

Ucapkan Selamat Tinggal Pada Sembelit Dengan Tips Berikut Ini

Ucapkan Selamat Tinggal Pada Sembelit Dengan Tips Berikut Ini

Ucapkan Selamat Tinggal Pada Sembelit Dengan Tips Berikut Ini


Buang air besar merupakan salah satu cara untuk membuang racun atau sisa-sisa proses pencernaan yang tidak terpakai dalam tubuh sehingga orang yang rutin buang air besarnya cenderung lebih sehat. Namun, tidak jarang terkadang kita mengalami susah buang air besar atau sembelit sehingga dapat mengganggu kesehatan kita bila terus-terusan terjadi dalam jangka panjang. Biasanya sih bila susah buang air besar rasanya tidak nyaman perut terasa penuh bahkan perut menjadi sedikit membuncit karena menumpuknya sisa-sisa proses pencernaan yang tidak terpakai.

Kalau sudah susah buang air besar lantas kita harus mengatasinya biar lancar jangan didiamkan saja karena dampaknya bahaya bila berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Nah, untuk memperlancar buang air besar kalian dapat menerapkan tips berikut ini yang dikutip dari diply.com :


1. Mengkonsumsi Serat

Serat memang terkenal sebagai salau satu penguras usus agar buang air besar menjadi lancar namun jangan dikonsumsi berlebihan. Para dokter dari University of California San Fransisco menganhurkan konsumsi 25-30 gram serat per hari. Serat cukup mudah ditemukan, kalian dapat menemukan serat pada buah dan sayur

2. Posisi Saat Buang Air Besar

Posisi terbaik agar plong saat buang air besar adalah dengan posisi jongkok. Namun, yang jadi masalah disini apabila closet yang kita pakai menggunakan closet duduk. Jadi, sebaiknya WC dirumah pakai closet jongkok aja yah.

3. Minum Air Putih

Tercukupinya cairan dalam tubuh juga dapat membantu untuk melancarkan buang air besar. 

4. Minum Kopi Hangat

Selain menghilangkan rasa kantuk kopi hangat juga dapat membantu melancarkan buang air besar namun perlu diingat untuk tidak terlalu sering minum kopi karena dapat memberikan efek negatif bagi tubuh.

5. Olahraga

Olahraga merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyehatkan tubuh bahkan olahraga juga dapat membantu memperlancar buang air besar.

6. Pijat

Menurut para dokter di Yale University menyarankan untuk memijat area perineum (daerah tubuh antara anus dan vulva pada wanita, dan antara anus dan skrotum pada laki-laki) untuk melancarkan buang air besar.

7. Luangkan Waktu

Umumnya tiap orang memiliki waktu-waktu tertentu untuk buang air besar, misalnya ada orang yang buang air besar tiap pagi setelah bangun tidur. Nah, sekarang tugas kalian adalah memperhatikan kapan saat-saat kalian biasanya buang air besar bila sudah mengetahui waktu tersebut maka luangkanlah waktu agar buang air besar tuntas tidak dikejar-kejar aktivitas yang ingin kita selesaikan.

8. Konsumsi Probiotik

Probiotik terkenal baik untuk menjaga kesehatan usus. Jadi, kalau penceraan bermaslah maupun buang air besar macet konsumsilah makanan maupun minuman yang mengandung probiotik sebagai contoh kalian dapat menemukan probiotik di dalam yoghurt. 

Wah, banyak kan caranya cukup pilih salah satu saja tidak harus diterapin semua kok. Jadi, sekarang terapkan tips di atas dan ucapkan selamat tinggal pada susah buang air besar. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : diply.com

Load comments