Tuesday, December 01, 2015

Yuk Diet Garam Untuk Hidup Lebih Sehat

Yuk Diet Garam Untuk Hidup Lebih Sehat

Yuk Diet Garam Untuk Hidup Lebih Sehat


Garam merupakan salah satu bumbu masakan yang sangat sering digunakan bahkan nampaknya hampir setiap jenis masakan menambahkan garam. Karena bila sebuah masakan tanpa garam rasanya ada yang kurang atau menjadi hambar. Namun, dibalik fungsi garam yang dapat meningkatkan cita rasa masakan tersebut ternyata garam tidak baik untuk kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara berlebih sebagaimana dikutip dari eatingwell.com berikut dampak buruk yang dapat ditimbulkan bila mengkonsumsi garam berlebih :

1. Memicu Hipertensi


Kandungan natrium yang tinggi pada garam dapat meningkatkan tekanan darah bahkan lebih parahnya lagi dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

2. Osteoporosis

Garam bisa menyebabkan osteoporosis dikarenakan garam mampu menurunkan fungsi kalsium dalam tubuh.

3. Obesitas

Ternyata konsumsi garam berlebih juga dapat membuat kalian gemuk bahkan obesitas. Karena pada umumnya konsumsi garam berlebih terdapat pada camilan yang tidak sehat yang mana hanya menambah jumlah lemak dalam tubuh kalian.

4. Kanker

Mengkonsumsi garam berlebih juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker terutama kanker lambung.

Garam memang membuat masakan menjadi lebih enak namun bila konsumsinya berlebih justru berbahaya bukan? Apakah kalian mau menggadaikan kesehatan tubuh kalian dengan kenikmatan makanan? Untuk batasan aman konsumsi garam dalam sehari sebagaimana dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah sebanyak 5 gram atau satu sendok teh saja sangat sedikit sekali bukan, pasti banyak dari kalian mengkonsumsi garam lebih batasan tersebut.
Sebagai tambahan, saat kalian mengonsumsi garam usahakan untuk minum air putih yang banyak untuk menghindari dehidrasi. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : eatingwell.com

Load comments