Tuesday, January 26, 2016

Tepok Jidad Deh, Foto Kentang Satu Ini Berharga 15 Miliar Rupiah !!

Tepok Jidad Deh, Foto Kentang Satu Ini Berharga 15 Miliar Rupiah !!

Tepok Jidad Deh, Foto Kentang Satu Ini Berharga 15 Miliar Rupiah!!


Kentang adalah salah satu jenis umbi-umbian yang tumbuh sepanjang tahun dan dapat dengan mudah kita temukan di pasaran dan dengan harga yang terjangkau. Namun, ketika kentang tersebut di foto maka foto kentang tersebut harganya bisa naik ribuan kali lipat bahkan lebih dari harga kentang yang di foto tadi. Tidak percaya? Yah, percaya atau tidak terserah sih tapi kali ini benar-benar terjadi.


Kejadian ini terjadi di Paris tahun lalu dalam sebuah ajang fotografi yang mana foto kentang yang kalian lihat di atas adalah sebuah karya seni hasil jepretan dari seorang fotografer profesional dari Irlandia yang bernama Kevin Abosch. Foto Kentang tersebut Abosch beri nama “Potato #345 (2010)” dan saat dipamerkan di ajang fotografi di Paris tahun lalu terdapat seseorang yang membelinya dengan harga sangat fantastis yakni sebesar 15 miliar Rupiah !!

Wow, sungguh luar biasa bukan? kalau kita perhatikan foto tersebut hanyalah sebuah kentang dan tidak ada yang istimewa sama sekali. Namun, begitulah sebuah karya seni penilaiannya subjektif keindahannya tergantung dengan penilaian pribadi orang yang memandangnya. Yah, mungkin orang yang membeli seharga 15 Miliar Rupiah tersebut memiliki penilaian dan melihat keindahan yang tinggi pada kentang tersebut. Jadi, kalian tidak perlu heran ya toh yang membelinya juga udah pasti orang yang kelebihan duit.
Baiklah, selanjutnya akan kita bahas siapa sih Kevin Abosch itu? Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Abosch adalah seorang fotografer profesional yang berasal dari Irlandia. Abosch dikenal dalam dunia fotografi memiliki ciri khas “background hitam” dalam karya-karyanya yang mana ciri khas tersebut menunjukkan simbol kalangan elit.

Kevin Abosc Portrait

Untuk menggunakan jasa Abosch, para orang-orang kaya dan terkenal bersedia untuk membayar sekitar 2 Miliar Rupiah bahkan bila digunakan untuk keperluan komersil kocek yang dirogoh harus lebih dalam lagi yakni sekitar 6,9 miliar Rupiah!! Weleh-weleh dari harga yang fantastis tersebut pasti kebayang kan kalau Abosch bukan fotografer sembarangan. Selain itu Abosch juga punya relasi yang luas pada industri teknologi di Silicon Valley. Jadi, menurut kalian pantaskah foto kentang di atas terjual seharga 15 miliar Rupiah? Jawab di kolom komentar di bawah oke. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

Load comments