Monday, September 03, 2018

Masuk Pak Eko! Denuvo Nyatakan Tak Ada Game Yang Sistem Proteksinya Tidak Bisa Ditembus

Masuk Pak Eko! Denuvo Nyatakan Tak Ada Game Yang Sistem Proteksinya Tidak Bisa Ditembus

Masuk Pak Eko! Denuvo Nyatakan Tak Ada Game Yang Sistem Proteksinya Tidak Bisa Ditembus


Fenomena Pembajakan dalam dunia game merupakan suatu masalah yang tidak dapat dihindari dari zaman dahulu sampai sekarang, secanggih apapun proteksi terhadap game tersebut pasti saja dapat ditembus hanya saja ada yang butuh waktu lama dan ada juga saat gamenya baru dirilis sudah langsung ada versi bajakannya. Sejauh ini salah satu teknologi anti pembajakan yang paling sering digunakan oleh game-game terkenal dan kualitas AAA adalah Denuvo. 


Denuvo adalah teknologi anti pembajakan yang berbasis di Austria dan diklaim sebagai teknologi anti pembajakan paling rumit. Denuvo memulai debutnya pada September 2014 sebagai proteksi game FIFA 15. Memang tidak semua game yang diproteksi oleh Denuvo berhasil dibajak namun mayoritas game yang diproteksi Denuvo telah berhasil dibajak. Melihat hal ini Elmar Fischer sebagai direktur penjualan perusahaan Denuvo mengungkapkan bahwa “ Suatu saat sebuah game akan berhasil dibajak, tidak ada game yang tidak bisa dibajak. Tetapi yang kami lakukan adalah melindungi game tersebut dari pembajakan di hari pertama perilisan game tersebut." 
Denuvo mengklaim bahwa game yang memiliki proteksi akan mendapatkan keuntungan lebih banyak daripada game yang tidak memiliki proteksi. Pasalnya tidak semua gamer mau sabar menunggu versi bajakan disebarkan tetapi ada juga gamer yang tetap membeli versi original untuk menikmati game secara penuh juga sebagai bentuk apresiasi terhadap pengembang game tersebut meski versi bajakan sudah tersedia. Oleh karena itu hari pertama perilisan sangatlah penting, bayangkan jika baru saja hari pertama dirilis sebuah game telah dibajak dan telah disebarkan tentu penjualannya akan menurun drastis. 

Denuvo juga tidak tinggal diam apabila game yang mendapatkan proteksi mereka telah dibajak. Denuvo akan segera mengupdate software mereka agar semakin mempersulit para pembajak untuk kembali membajak game. Dari sudut pandang penulis sih apa yang dilakukan Denuvo sudah cukup baik meski ada isu-isu bahwa game yang menggunakan Denuvo sering mengalami Frame Rate Drop. Seperti yang diungkapkan oleh Elmar Fischer bahwa tidak ada game yang tidak bisa dibajak. Tugas Denuvo adalah menahan selama mungkin game yang diproteksi dari serangan para pembajak jadi diharapkan untuk para gamer usahakan untuk selalu membeli game original sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras pengembang dalam menghadirkan game berkualitas untuk kalian mainkan. Kebayang gak seandainya semua pengembang game ngambek jadi tidak mau membuat game lagi gara-gara karya mereka selalu dibajak, jadi percuma kan punya konsol atau PC dengan spesifikasi wah namun tidak ada game yang bisa dimainkan.

Terima kasih sudah berkunjung 😁

Load comments