Monday, January 12, 2015

Buah dan Sayuran Yang Sebaiknya Jangan Dikupas Kulitnya Bila Dikonsumsi

Buah dan Sayuran



Buah dan Sayuran Yang Sebaiknya Jangan Dikupas Kulitnya Bila Dikonsumsi


Kita semua pasti tahu bahwa mengkonsumsi buah dan sayuran sangatlah baik bagi kesehatan. Namun, apakah cara mengolahnya sudah benar? karena bila salah dalam mengolahnya maka, kita tidak dapat memaksimalkan manfaat yang dimiliki buah dan sayuran tersebut. Dilansir dari womenshealthmag.com, seorang ahli nutrisi yakni, Katie Cayuto, R.D menjabarkan beberapa jenis buah dan sayuran yang sebaiknya jangan dikupas untuk dikonsumsi dan berikut ini buah dan sayuran tersebut :

Kentang

Ternyata 20 persen nutrisi dari umbi batang ini seperti vitamin B dan mineral kelumit terdapat pada kulit kentang termasuk seratnya pun ada dalam kulitnya. Jadi, ketika Agan ingin mengolah kentang, cukup bersihkan saja kulitnya dan tidak perlu mengupasnya.,

Terong

Yap terong, bukan terong-terongan hehe… Kulit terong dapat mengatasi kerusakan kulit karena penuaan atau penyakit hal ini dikarenakan kulit terong mengandung phytonutrient yang disebut nasunin.

Ubi

Kulit ubi mengandung vitamin C, kalium, dan betakaroten. Jadi cara mengolahnya sama seperti kentang cukup dibersihkan kulitnya tetapi jangan kupas kulitnya.

Mentimun

Kulit mentimun mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan imun tubuh serta serat. Kandungan seratnya juga dapat mencegah konstipasi. Admin juga lebih doyan mentimun yang kulitnya tidak dikupas sebab rasanya jadi lebih crunchy.

Wortel

Salah satu favorit ane ini memiliki kandungan antioksidan yang berada tepat di bawah kulitnya. Jadi cukup cuci wortel tanpa harus mengupasnya jika akan mengolahnya.

Wortel Parsnip

Biasa disebut wortel putih, parsnip tidak terlalu manis. Dan sama dengan wortel berwarna jingga lainnya, kandungan antioksidan wortel ini juga ada tepat di bawah kulitnya.

Apel

Kulit apel kaya akan serat, sehingga jika kita mengonsumsi buah ini tanpa mengupas kulitnya, kita akan merasa cepat kenyang dan pencernaan pun lancar. Kulit apel kaya akan quercitin, vitamin C, dan triterpenoid yang dapat melawan kanker. Namun, jangan lupa untuk mencuci kulitnya dengan bersih terlebih dahulu.

Nah, tadi itu tujuh buah dan sayuran yang kulitnya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh jadi sayang banget kan kalau dibuang kulitnya. Namun, jangan sampai lupa untuk mencuci bersih kulitnya terlebih dahulu sebelum mengolahnya,oke! Sekian infonya moga bermanfaat yah.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : womenshealthmag.com

Load comments