Thursday, April 02, 2015

Hindari Cidera dan Kram Dengan Pemanasan Yang Benar


Hindari Cidera dan Kram Dengan Pemanasan Yang Benar


Semua orang pasti sudah sangat paham manfaat dari olahraga untuk kesehatan tubuh bahkan juga untuk kesehatan mental. Meski memahami manfaatnya yang baik, tih masih banyak orang yang malas berolahraga dengan berbagai macam alasan mulai dari kesibukan sehingga tidak ada waktu, rasa malas dan adanya trauma karena saat memulai olahraga tubuhnya justru terasa pegal-pegal. Untuk rasa pegal yang kalian dapatkan itu adalah hal wajar karena ketika olahraga terutama bagi yang jarang berolahraga tubuh memerlukan sebuah adaptasi karena tubuh jarang digunakan untuk berolahraga. Oleh karena itu disarankan untuk pemanasan sebelum olahraga, namun tidak semua orang melakukan pemanasan dan ada juga yang melakukan pemanasan tapi gerakannya kurang tepat. Nah, agar rasa pegal tadi sedikit berkurang saya akan memberikan tips pemanasan sebelum berolahraga yang dikutip dari boldsky.com :

1. Berjalan

Berjalan adalah salah satu cara yang mudah untuk memanaskan otot-oto tubuh sebelum tubuh mulai olahraga. Berjalanlah sekitar 5-10 menit dengan santai sambil melakukan peregangan tubuh bagian atas. Dengan berjalan detak jantung lebih cepat dan teradaptasi untuk melakukan aktivitas yang lebih berat.

2. Peregangan

Untuk yang satu ini pasti sudah menjadi sangat umum bahkan ketika sebelum meulai pelajaran olahraga di sekolah pasti sang guru memulainya dengan peregangan terlebih dahulu. Peregangan ini bertujuan agar otot menjadi lebih lentur dan tidak kaku sehingga meminimalisir risiko cidera atau kram.

4. Berlari di tempat

Mungkin kalian tidak memiliki waktu pemanasan yang cukup banyak. Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa melakukan lari di tempat. Pemanasan seperti ini sangat cocok untuk olahraga lari.

5. Lompat di tempat

Agar otot kaki tidak mudah kram kalian bisa melatihnya dengan melakukan pemanasan lompat di tempat. Di samping itu lompat di tempat juga membuat suhu tubuh cepat naik dan siap untuk berolahraga.
baca juga : Manfaat Lompat Tali

6. Squat

Squat mungkin terlihat sangat mudah namun ada saja teman saya yang kesusahan melakukannya, tetapi itu hanya faktor kakinya belum kuat sehingga belum mampu menjaga keseimbangan. Squat sangat baik untuk pemanasan otot-otot kaki untuk menghindari cidera dan kram. Untuk perenang atau kalian yang suka berenang, squat bisa menjadi pilihan pemanasan yang baik karena hanya dilakukan di tempat. Kenapa saya menyarankan squat karena saat berenang kita menggunakan kaki untuk mendorong bergerak maju jadi kondisi otot-oto kaki harus prima.

Nah, itu tadi beberapa gerakan pemanasan yang bisa kalian lakukan untuk menghindari cidera, keram dan mengurangi rasa pegal setelah olahraga. Pemanasan sangatlah penting namun, masih banyak orang yang beranggapan pemanasan itu tidak perlu. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : boldsky.com

Load comments