Friday, April 10, 2015

Bingung Memilih Pakaian Buat Sang Buah Hati? Ikuti Tips Berikut Ini

Bayi

Bingung Memilih Pakaian Buat Sang Buah Hati? Ikuti Tips Berikut Ini


Setiap orang tua yang menunggu kelahiran bayinya pasti akan sibuk mempersiapkan berbagai peralatan bayi mulai dari bantal, tempat tidur, pakaian, dsb. Namun, di sini saya memfokuskan pada pakaian bayi karena banyak orang tua yang membeli pakaian untuk sang buah hati hanya dengan memperhatikan model, motif dan warna pakaian. Padahal, banyak aspek lainnya yang perlu diperhatikan seperti kenyamanan, keamanan, dll. Nah, agar para orang tua tidak salah pilih dalam membeli pakaian yang tepat buat sang buah hati, saya telah mengutip tips-tipsnya dari meetdoctor.com di bawah ini :

1. Utamakan keamanan untuk buah hati

Hindari pakaian yang memiliki kancing kecil dan aksesoris bebatuan atau pita, karena berisiko tertelan oleh sang buah hati jika aksesoris tersebut terlepas dari baju. Jadi, pastikanlah bahwa setiap aksesoris yang ada pada baju bayi terjahit dengan benar, sehingga tak mudah lepas. Sama halnya dengan tali pengetat pada leher yang malah berisiko sang buah hati tercekik dan susah bernafas. 

2. Cek label dan pilih pakaian berbahan nyaman

Saat memilih baju perhatikanlah letak labelnya, karena label yang terdapat di dalam baju dapat bergesekan langsung dengan kulit, sehingga membuat sang buah hati merasa tidak nyaman. Jadi, belilah pakaian yang labelnya dijahit di bagian luar. Kemudian, untuk bahan pakain yang digunakan pilihlah pakaian yang berbahan katun yang lembut agar sang buah hati nyaman mengenakannya.

3. Sesuaikan dengan berat badan

Banyak orang tua bingung dalam memili ukuran pakaian yang tepat. Sebenarnya dalam memilih ukuran pakaian bukanlah berdasarkan usia melainkan berat badan sang buah hati. Toh, meski bayi yang memiliki usia sama namun berat badannya bisa berbeda, sehingga ukuran pakaiannya pun berbeda. Nah, agar pakaian yang kita beli untuk sang buah hati bisa dipakai lebih lama. Pilihlah pakaian ang satu ukuran lebih besar karena pada enam bulan pertama berat badan sang buah hati akan bertambah dengan cepat, apalagi bila mengonsumsi ASI eksklusif.
baca juga :

4. Pertimbangkan kemudahan memakai dan melepasnya

Pada bayi yang baru lahir pasti organ tubuhnya masih rentan dan tulangnya belum terlalu kuat. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pilihlah baju yang mudah dipakai dan dilepas, kemudian hal-hal yang perlu orang tua perhatikan untuk memilih pakaian yang mudah dipakai dan dilepas adalah sebagai berikut :
  • Pakaian dengan leher lebar, agar tidak menahan nafas sang buah hati saat dipakaikan. 
  • Pilihlah perekat atau risleting yang terletak di depan agar lebih aman dipakai dan memudahkan orang tua untuk melepaskan pakaian
  • Pilih pakaian dengan lengan yang lebih longgar dan tidak ketat.
  • Agar dalam mengganti popok lebih mudah dan cepat, pilihlah celana yang memiliki perekat atau risleting.

5.Pilih pakaian yang berlabel washable atau machine washable

Dalam sehari pasti pakaian sang buah hati diganti hingga beberapa kali. Nah, agar orang tua tidak tidak terlalu repot pilih pakaian yang berlabel washable atau machine washable agar bisa dicuci dengan mesin cuci.

6. Beli pakaian secukupnya

Hindari “lapar mata” karena terpesona akan motif-motif lucu yang dimiliki pakaian bayi. Perlu diingat bayi tumbuh dengan cepat, sayang bukan bila pakaian yang dibeli tidak terpakai lagi. Oleh karena itu, belilah pakaian untuk sang buah hati secukupnya saja. Jadi, uang untuk membeli pakaian bisa digunakan untuk beli kebutuhan lain sang buah hati seperti makanan atau susu.

Setiap orang tua pasti mengingkan yang terbaik untuk sang buah hatinya mulai dari makan dan minum, pakaian, pendidikan dan pokoknya apapun itu yang terbaik buat sang buah hati. Jadi, untuk urusan pakaian silakan ikuti tips di atas agar sang buah hati nyaman, oke. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Load comments