Monday, May 18, 2015

Tips Ampuh Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Anak Sehat



Tips Ampuh Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak


Daya tahan tubuh anak-anak tidaklah sekuat dengan orang dewasa, oleh karena itu anak-anak rentan sakit. Sebagai orang tua sudah merupakan kewajiban untuk menjaga kesehatan anak dengan memperhatikan, kecukupan waktu istirahat anak, kebersihan tubuh anak dan kebersihan serta gizi makan dan minuman yang dikonsumsi anak. Selain itu, faktor cuaca juga dapat mempengaruhi kesehatan anak ketika cuaca tak bersahabat misalnya cuaca sedang hujan.

Kemudian, apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua untuk menjaga daya tahan tubuh anak? Dikutip dari meetdoctor.com berikut ini beberapa tips mujarab yang wajib dilakukan setiap orang tua agar anaknya tidak mudah terserang penyakit : 

1. Konsumsi makanan sehat

Makanan yang sehat tentu akan meningkatkan daya tahan tubuh anak dan juga asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang dibutuhkan anak untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karena berikanlah anak makanan yang sehat dan terjaga kebersihannya.

2. Hindari makanan cepat saji

Sudah merupakan hal umum bahwa anak-anak menyukai makanan cepat saji. Namun, makanan cepat saji tidak baik untuk kesehatan anak bahkan juga orang dewasa tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan cepat saji. Makanan cepat saji, dapat menurunkan kekebalan tubuh karena mengandung bahan kimia dan zat adiktif yang berbahaya bagi kesehatan,oleh karena itu orang tua harus cerdas mencari alternatif pengganti makanan cepat saji sebagai saran kalian dapat mengganti makanan cepat saji dengan makanan yang sehat namun diolah agar tampilan menarik sehingga anak pun ikut tertarik untuk memakannya.

3. Istirahat cukup

Setiap orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak dan menginginkan anaknya menjadi pintar dengan mengikutkannya dengan berbagai macam les. Namun, hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan anak bila tidak diimbangi dengan tidur yang cukup. Dengan istirahat yang cukup Karena tidur dapat mengembalikan staminanya yang terkuras seharian. Selain itu, tidur juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuhnya. Karena saat tidurlah terjadi perbaikan sel-sel di dalam tubuh.

4. Jauhkan anak dari asap rokok

Rokok selain memberikan dampak negatif bagi perokok juga dapat memberikan dampak negatif bagi orang lain melalui asap rokok tersebut. Asap rokok mengandung lebih dari 4000 racun yang mengganggu bahkan membunuh sel-sel dalam tubuh. Selain itu, anak-anak lebih rentan terhadap bahaya asap rokok dibandingkan dengan orang dewasa karena orang dewasa bisa bernapas lebih cepat. Selain berdampak buruk untuk kesehatan asap rokok juga dapat mempengaruhi kecerdasan dan perkembangan saraf anak. Oleh karena itu jauhkanlah anak dari paparan asap rokok dan usahakan jangan merokok di dalam rumah.

5. Olahraga

Masyarakat umum pasti sudah sangat paham betapa bermanfaatnya olahraga bagi kesehatan tubuh. Sebagai orang tua ajaklah anak berolahraga sambil bermain sehingga suasana tetap menyenangkan dan menyehatkan bagi anak.

Baiklah, itu tadi 5 tips ampuh yang harus kalian lakukan untuk menjaga daya tahan anak agar tetap sehat dan pertumbuhannya tidak terganggu. Tentunya kan kasihan juga bila melihat anak sering terserang penyakit, jad mencegah lebih baik daripada mengobati ya kan. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Load comments