Monday, June 15, 2015

Berbagai Macam Manfaat Terong Yang Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Terong

Berbagai Macam Manfaat Terong Yang Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh


Sangat banyak menu masakan Indonesia yang menggunakan terong baik itu dimasak maupun dijadikan lalapan. Dibalik rasa terong yang enak ternyata terong merupakan makanan yang sangat cocok untuk diet karena terong mengandung sedikit kalori yaitu hanya 20 kalori per cangkir dan terong juga tidak memiliki kandungan lemak.
Namun, selain terong sangat baik untuk diet terong juga mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol. Dikutip dari livestrong.com berikut ini senyawa-senyawa dalam terong yang dapat membantu mencegah kanker dan menurunkan kolesterol

1. Asam Klorogenat

Asam klorogenat adalah senyawa dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan berfungsi melindungi sel-sel dari oksidasi yaitu sebuah proses kimia yang dapat merusak sel. Berdasarkan penelitian, asam klorogenat merupakan senyawa antioksidan yang paling dominan pada terong. Selain itu asam klorogenat juga mampu menurunkan kolesterol.

2. Nasunin

Penelitian menunjukkan bahwa nasunin mampu mencegah terjadinya angiogenesis. Angiogenesis adalah sebuah keadaan yang merangsang pertumbuhan pembuluh darah dan menyuplai darah. Hal ini akan berdampak buruk jika terjadi pada sel kanker, karena sel kanker akan dapat berkembang dan meningkatkan pasokan darah mereka sendiri sehingga sel kanker akan tumbuh lebih cepat.

3. Serat, Vitamin dan Mineral

Terong mengandung serat yang dapat membantu melindungi tubuh dari diabetes dan menjaga sistem pencernaan. Terong juga mengandung vitamin A (dalam bentuk beta-karoten), vitamin B, asam folat dan vitamin C. Tidak ketinggalan, terong juga kaya akan mineral yang antara lain yaitu kalium, magnesium, kalsium, dan fosfor.
Nah, setelah membaca manfaat dari terong di atas pasti sekarang jadi lebih semangat kan makan terongnya namun satu hal yang harus dipastikan yaitu jagalah kebersihan makanan maupun wadah makanannya agar makanan yang kita konsumsi tidak memberikan dampak buruk pada tubuh kita. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : livestrong.com

Load comments