Monday, July 06, 2015

Tips Mujarab Mengatasi Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa


Tips Mujarab Mengatasi Bau Mulut Saat Sedang Berpuasa


Bau mulut merupakan masalah klasik atau hal yang lazim terjadi saat kita menunaikan ibadah puasa karena adanya sebuah bahan kimia hasil pemecahan lemak dalam tubuh yang bernama kenotes dan bercampur dengan napas yang keluar dari mulut sehingga nafas menjadi bau. Hal tentu akan membuat kalian malas untuk berbicara dengan orang lain karena malu dengan bau mulut sendiri. Tetapi tenang saja bau mulut tersebut bisa diminimalisir kok. Dikutip dari meetdoctor.com berikut ini cara paling mujarab untuk mengatasi bau mulut saat sedang berpuasa : 

1. Jagalah kebersihan mulut dengan menyikat gigi

Karena baunya berasal dari mulut oleh karena itu kebersihan mulut harus dijaga agar nafas tidak terlalu bau. Jagalah kebersihan mulut kalian salah satunya dengan cara rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari. Untuk memaksimalkan proses menyikat gigi pakailah sikat gigi yang bulu sikatnya lembut serta ukuran kepalanya yang kecil sehingga bisa menjangkau daerah yang sempit. Sikatlah gigi kalian minimal selama dua menit yang mencakup seluruh area gigi. Sikatlah gigi kalian  setelah kurang lebih satu jam sehabis berbuka puasa pun begitu saat sahur sikatlah gigi dengan jeda satu jam setelah sahur.

2. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi

Ada kalanya sisa-sisa makanan yang tidak dapat dijangkau maupun dibersihkan oleh sikat gigi kalian dapat menggunakan benang gigi untuk membersihkannya. Umumnya untuk membersihkan sisa makanan yang terdapat pada sela-sela gigi. Membersihkan gigi dengan benang gigi pun caranya cukup mudah dengan cara kencangkan benang dengan menggunakan jempol yang menarik benang bersama dengan jari telunjuk di tangan satunya. Kemudian, gerakkan secara perlahan di sela gigi namun perlu diingat jangan sampau benangnya mengiris gusi.

3. Konsumsi makanan dan minuman yang tepat

Bau mulut juga bisa terjadi karena makanan dan minuman yang kita konsumsi. Oleh karena itu kurangilah mengkonsumsi makanan maupun minuman manis dan asam saat sahur.

4. Berkumur dengan obat kumur

Setelah menyikat gigi lalu menggunakan benang gigi jangan lupa untuk berkumur dengan obat kumur agar nafas menjadi lebih segar dan mebunuh bakteri maupun kuman yang menyebabkan bau mulut. Namun, ada hal yang patut kalian waspadai dalam memilih obat kumur yaitu hindari obat kumur yang mengandung alkohonl karena dapar menyebabkan iritasi mulut.

5. Membersihkan lidah.

Sempurnakanlah kegiatan membersihkan mulut kalian dengan membersihkan permukaan lidah yang mana sebelumnya telah menyikat gigi, membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi dan berkumur dengan obat kumur. Untuk membersihkan lidah kalian dapat melakukannya dengan menggunakan sikat gigi atau alat pembersih lidah yang dapat ditemukan di apotek. Dalam membersihkan lidah sikatlah bagian lidah dari dalam ke arah luar agar secara signifikan meminimalisir bau mulut.

6. Mengunyah permen karet saat berbuka puasa

Setelah selesai menyantap makanan berbuka puasa, kunyahlah permen karet yang bebas pemanis tambahan untuk membantu menambah produksi air liur yang mana air liur dapat membantu membilas bagian dalam mulut agar terbebas dari sisa makanan.

Nah, setelah menerapkan hal di atas dijamin bau mulut kalian akan berkurang dan tidak perlu malu untuk berkomunikasi dengan orang-orang toh mereka juga paham kalau sedang puasa yang penting mulutnya jangan bau banget hhe... Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Load comments