Saturday, May 02, 2015

Hindari 4 Kebiasaan Ini Karena Dapat Merusak Gigi

Gigi Anak Sehat



Gigi merupakan senjata utama kita dalam menghancurkan makanan di dalam mulut sebelum masuk ke pencernaan, dengan menghancurkan makanan di dalam mulut proses pencernaan pun akan menjadi lebih ringan sehingga organ pencernaan kita tidak bekerja keras.

Hindari 4 Kebiasaan Ini Karena Dapat Merusak Gigi


Selain sebagai senjata untuk menghancurkan makanan gigi juga bisa meningkatkan percaya diri kita, karena gigi yang putih dan bagus akan membuat kita tak malu untuk senyum yang indah di depan orang lain atau di depan kamera. Namun, sayangnya banyak orang yang kurang memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi. Merokok dan minum alkohol merupakan kebiasaan buruk bagi kesehatan tubuh maupun gigi. Tetapi tidak hanya itu saja masih ada kebiasaan sehari-hari yang tidak kita sadari ternyata merusak gigi. Dikutip dari healthmeup.com berikut ini kebiasaan yang dapat merusak gigi :

1. Makan makanan manis

Selain dapat membuat badan menjadi gemuk, makanan manis juga dapat merusak gigi karena itu tidak mengherankan anak-anak yang menyukai permen memiliki gigi yang rusak. Makanan atau minuman manis menigkatkan pembentukan asam dan pertumbuhan bakteri sehingga meningkatkan risiko gigi berluang dan terbentuknya plak gigi.

2. Mengunyah es batu

Jika diantara dari kalian suka mengunyah es, maka hentikanlah sekarang juga. Karena hal ini sungguh tidak baik untuk gigi dengan mengunyah es batu dapat menyebabkan email gigi retak bahkan patah. Selain itu mengunyah es batu juga dapat meningkatkan sensitivitas pada gigi.

3. Memilih sikat gigi yang kaku dan kasar

Banyak orang masih tidak terlalu memperhatika sikat gigi yang mereka pakai mulai dari grip genggamannya hingga tingkat kelembutan bulu sikat gigi. Untuk tetap menjaga kesehatan gigi gantilah sikat gigi kalian yang memiliki bulu sikat yang terlalu kaku dan kasar karena bisa mengkis permukaan gigi dan meningkatkan sensitivitas gigi. Selain itu bulu sikat yang terlalu kaku dan kasar juga dapat melukai gigi sehingga terjadi pendarahan gusi.

4. Minum kopi

Kopi merupakan minuman favorit banyak orang, namun tahukah kalian bahwa kopi dapat menyebabkan gigi kuning. Hal ini tentu membuat kita tidak percaya diri dan orang-orang akan beranggapan kita orang yang jorok malas menyikat gigi. Kafein juga bisa mengurangi produksi air liur, padahal air liur membantu membersihkan rongga mulut. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi kopi kalian agar gigi tetap putih bersih.

Pasti banyak dari kita melakukan kebiasaan di atas bukan? Nah, setelah mengetahui bahwa kebiasaan tersebut buruk untuk gigi maka dari itu kurangilah syukur-syukur bisa berhenti jauh lebih baik. Selain menghindari kebiasaan di atas tetaplah rajin menggosok gigi cukup 3 kali sehari yaitu, di pagi hari, sore hari dan malam hari sebelum tidur tak lupa juga untuk setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi untuk memeriksa kesehatan gigi kita. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : healthmeup.com

Load comments