Monday, March 02, 2015

Bahan Makanan Manis Alternatif Pengganti Gula Tebu

Alternatif Gula

Bahan Makanan Manis Alternatif Pengganti Gula Tebu


Makanan manis memang menggoda apalagi mbak-mbak yang manis pasti lebih menggoda ya kan haha… Kita pasti sudah tidak asing dengan berbagai jenis makanan maupun minuman manis namun, dibalik dari rasa manis tersebut terdapat bahaya penyakit yang mengancam seperti diabetes mellitus. Kalau sudah sampai terkena diabetes mellitus maka pola makan kita tidak sebebas sebelumnya karena akan banyak makanan maupun minuman yang menjadi pantangan. Nah, daripada terkena diabetes terus pola makan jadi ribet dan tidak bebas hanya karena konsumsi gula yang tidak sehat di rumah lebih baik menggunakan alternatif pemanis lain. Dikutip dari healthmeup.com, berikut ini beberapa alternatif pengganti gula yang patut kalian coba :


1. Madu

Madu merupakan alternatif terbaik karena kaya akan nutrisi, mineral dan vitamin. Meski begitu kalian tetap membatasi konsumsi madu karena madu memiliki kalori lebih banyak daripada gula. Jadi, konsumsi secukupnya saja.

2. Kurma

Buah khas timur tengah satu ini sangat kaya akan kalsium, kalium dan vitamin B6. Kalian dapat menambahkan kurma pada kue dan makanan penutup, bahkan kurma sangat baik bagi kalian yang menjalani program diet. 

3. Sirup jagung

Selain manis, sirup jagung juga kaya akan riboflavin yang bersifat antioksidan dan membantu tubuh untuk mendapatkan energi dari makanan yang dikonsumsi. Tidak ketinggalan sirup jagung juga mengandung sejumlah mineral meski jumlahnya sedikit.

4. Gula Merah

Terakhir, yakni gula merah atau yang bisa disebut dengan gula jawa. Gula Merah memiliki ikatan sukrosa yang panjang yang membuat tubuh mencerna lebih lambat dan energi tidak lepas dengan mudah. Namun, perlu diingat kembali gula merah memiliki kalori yang tinggi.

Nah, itu tadi adalah empat bahan makanan yang bisa kalian jadikan alternatif pengganti gula tebu. Segera perkecil risiko terserang diabetes dengan mengkonsumsi pemanis yang aman, namun kalian tetap batasi konsumsinya jangan sampai berlebih oke. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : healthmeup.com

Load comments