Tuesday, November 11, 2014

Tips Menghindari Dehidrasi

Mengatasi Dehidrasi

Tips Menghindari Dehidrasi


75% tubuh kita terdiri dari air. Hal ini membuat air merupakan salah satu komponen penting dalam tubuh kita. Jadi tidak mungkin kita dapat bertahan hidup tanpa air. Nah, karena begitu vitalnya peran air bagi tubuh kita. Usahakanlah untuk terus menjaga tubuh tetap terhidrasi jangan sampai kekurangan air dalam tubuh. Namun seiring dengan kesibukan yang kita miliki terkadang kita lupa untuk menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan. Nah, agar tubuh kalian tidak mudah dehidrasi (kekurangan cairan) berikut ini saya kasih tips untuk menjaga tubuh dari dehidrasi yang dikutip dari everydayhealth.com :

1. Siapkan Segelas Air di Dekat Tempat Tidur Kalian

Sebelum kalian tidur atau saat bangun di pagi hari, sebaiknya kalian meminum air putih minimal satu gelas. Karena saat kita tidur, tubuh akan mengalami penurunan jumlah air dalam tubuh melalui proses bernafas dan mengatur suhu tubuh. Pada pagi hari kalian pasti merasakan bau mulut karena mulut dan tenggorokan kering. Nah, itu juga merupakan tanda bahwa kalian perlu mengisi kembali cairan tubuh kalian dengan minum air putih.

2. Hitunglah Berapa Jumlah Gelas Air yang Sudah Kalian Minum

Jika kalian bingung berapa banyak air yang sudah kalian minum, maka cara paling mudah adalah dengan menghitung berapa gelas air putih yang sudah kalian habiskan selama sehari, mulai dari pagi hingga malam. Minimal kalian memerlukan 8 gelas air putih selam sehari.

3. Dengarkan Tubuh Kalian yang Memberi Sinyal Haus

Jika kalian merasa ingin makan lagi padahal sudah makan banyak, maka itu artinya kalian rakus hha… (becanda kok), tapi bisa jadi itu tandanya kalian sedang haus. Jika kalian ingin mengurangi asupan makanan karena diet, lebih baik kalian coba untuk minum segelas air sebelum makan sesuatu.

4. Makanlah Makanan yang Kaya Air

Pasti membosankan jika hanya terus minum air putih, nah sebagai gantinya kalian bisa memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya air atau juicy seperti semangka, pir, melon, jeruk dan segala macam buah yang kaya air. kalian juga bisa membuat infused water dengan cara menambahkan madu dengan potongan buah ke dalam teko air minum agar lebih segar.

Perlu kalian ingat, bahwa seiring bertambahnya usia kebutuhan tubuh akan air juga akan semakin meningkat agar tetap segar dan menjaga kinerja organ tubuh. Jadi mulai sekarang jaga tubuh kalian dari dehidrasi yah agar tetap segar, sehat dan konsentrasi terjaga. Sekian infonya moga bermanfaat.

Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : everydayhealth.com

Load comments