Friday, October 03, 2014

Cara Mudah dan Murah Cegah Alergi

Cara Mudah dan Murah Cegah Alergi

Cara Mudah dan Murah Cegah Alergi


Gejala-gejala alergi memang bermacam-macam misalnya seperti peradangan, kulit memerah, bengkak, bintik-bintik merah, asma, dll. Hal ini bisa terjadi karena tubuh terpapar zat-zat atau benda-benda bersifat allergen misalnya seperti yang terkandung dalam seafood, serbuk sari, kotoran, polusi, bulu hewan, jamur, dll. Sehingga sistem antibodi kita bereaksi berlebihan (overstimulate). Dikutip dari duniafitness.com Selain pengobatan medis dengan Pharmacotherapy dan Immunotherapy, alergi juga dapat dicegah dengan cara yang mudah dan alami seperti berikut ini :

1. Rajin-rajinlah membersihkan Ruangan

Bersihkan secara teratur rumah kalian dari zat-zat yang dapat memicu alergi. Hindari udara yang lembab dan biarkan udara segar keluar masuk dengan bebas. Pel lantai rumah, gunakan AC, vacuum cleaner, atau pemanas ruangan untuk membersihkan debu, jamur, tungau, bakteri, dan serbuk sari. Lalu, gunakan cuka sebagai disinfektan. bila kalian punya hewan peliharaan cegah hewan peliharaan kalian untuk masuk kamar tidur atau naik keatas kasur atau sofa.

2. Cegah dengan Bromelain

Konsumsilah bromelain, Apa sih bromelain itu? nih penjelasannya bromelain adalah semacam enzim yang mampu meredakan proses peradangan, mengatur respon imun yang berlebihan, dan meredakan alergi. Enxim ini biasa terdapat pada buah-buahan seperti pepaya, nanas, dan kiwi. Konsumsilah saat menderita alergi atau bisa juga dengan menkonsumsi suplemen bromelain.

3. Konsumsi Madu

Minumlah 1 sendok madu asli, alami yang belum diproses dan juga belum disaring untuk membantu meredakan alergi setiap hari. Atau kalian juga bisa mengkonsumsi suplemen sari madu (bee pollen).

4. Pijat Acupressure

Lakukanlah pemijatan acupressure sedang dengan jari telunjuk pada masing-masing sisi hidung (sisi hidung yang bertemu pipi) untuk meringankan alergi sinus. Tahan 3 menit dan tarik nafas dalam-dalam kemudian hembuskan perlahan.

5. Minum Teh Hijau

Kurangi histamin dengan minum teh. Histamin dapat meningkatkan risiko alergi karena perannya dalam peradangan pembuluh darah (pemicu reaksi alergi). Teh hijau dan teh chamomile mengandung zat antihistamin alami yang mampu menyeimbangkan sistem imun tubuh.

6. Bersihkan Rongga Hidung

Bersihkan saluran pernafasan (hidung) setiap hari. Kebiasaan sehat ini akan menghindarkan dari kotoran termasuk alergen yang terhirup. Jadi, Ngupil itu bagus loh tapi jangan di tempat umum loh ya malu-maluin hha..

7. Hindari Makanan Pemicu Alergi

Salah satu pencegahan yang paling mudah adalah dengan menghindari zat-zat alergen yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Diantaranya hindari coklat, seafood (termasuk udang dan kerang), kentang, tomat, dan terong.

8. Hindari Makanan Mentah

Kalian doyan makan makanan mentah? Coba dipikir ulang deh, soalnya makanan berselaput lendir dan basah seperti makanan mentah dan dingin, berbagai produk dari susu, jagung (termasuk sirup jagung), dan gula sederhana (gandum dengan pemutih, pasta putih, nasi putih, pemanis buatan, dan soft drink) dapat memicu terjadinya alergi. Lebih baik diganti dengan roti dan pasta gandum utuh, nasi merah.

9. Konsumsi Makanan Herbal

Terakhir, kalian bisa memasak menggunakan bumbu-bumbu pelega sinus seperti jahe, kemangi, bawang putih, oregano, cabe, kunir, kunyit, atau lobak. Namun, jangan lupa cuci bersih sayur-mayur dengan air mengalir untuk membuang residu pestisida dan zat kimianya. Disarankan pilihlah sayur-mayur organik.

Gimana? gampang kan dan tidak perlu biaya yang mahal, lebih baik mencegah daripada mengobati. Sekian infonya, moga bermanfaat ya
Terima kasih sudah berkunjung :)

sumber : duniafitnes.com

Load comments