Friday, August 29, 2014

Beberapa Cara Mudah Dan Alami Dalam Mengatasi Flu

Beberapa Cara Mudah Dan Alami Dalam Mengatasi Flu

Beberapa Cara Mudah Dan Alami Dalam Mengatasi Flu


Kalian kena flu? Just info nih buat kalian kalau flu itu juga bisa berasal dari demam, batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, nyeri, dan menggigil. Flu memang bisa diatasi dengan obat-obat flu yang banyak dijual di warung atau apotik, namun obat-obat tersebut memiliki efek samping dan mengandung bahan kimia. Seperti dilansir meetdoctor.com terdapat beberapa cara pengobatan flu yang sederhana dan alami tanpa obat-obatan. Cara ini pun telah terbukti dapat mengobati flu secara alami. Berikut cara pengobatan flu yang bisa kalian praktekkan di rumah :



1. Minum

Flu bisa membuat kalian dehidrasi, apalagi kalau kalian sedang demam disertai mual dan diare. Tentunya kalian membutuhkan cairan lebih untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Air putih, jus buah, soda dan minuman berelektrolit sangat dianjurkan buat dikonsumsi dan hindari minuman berkafein, karena kafein adalah diuretik, sedangkan teh herbal dan madu baik untuk penyembuhan sakit tenggorokan. Jangan pernah menyentuh alkohol sebagai jalan terakhir, karena alkohol akan membuat kalian mengantuk, mabuk dan flu kalian tidak bakal hilang. 

2. Makan sup ayam

Sejak zaman dahulu sup ayam dipercaya dapat menyembuhkan flu. Suatu penelitian yang dituangkan dalam jurnal Chest (2000) menjabarkan bahwa sup ayam dapat membantu meredakan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas.

3. Dengarkan tubuh kalian

Jangan abaikan isyarat yang berasal dari tubuh Anda. Jangan memaksa tubuh kalian untuk melakukan aktifitas bila kondisi sedang tidak fit. Misalnya, kalian memaksakan diri untuk bekerja padahal tubuh kalian membutuhkan istirahat. Istirahat adalah cara terampuh untuk melawan infeksi. Perhatikan jam tidur malam kalian jangan sampai membuat tubuh kalian tersiksa karena kurang istirahat.

4. Melembabkan

Menghirup udara lembab membantu meringankan hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Salah satu strategi yang efektif adalah dengan menikmati mandi uap beberapa kali sehari, atau sekedar menyalakan shower dan duduk di kamar mandi selama beberapa menit hanya untuk menghirup uap.

5. Mendirikan tenda

Hidung kalian tersumbat? Coba cara ini, bawalah panci berisi air mendidih, gantungkan handuk di atas kepala kalian, tutup mata kalian, sambil duduk di bawah tenda. Kemudian bernapaslah dalam-dalam melalui hidung kalian selama 30 detik. Menambahkan satu atau dua tetes minyak peppermint atau eucalyptus ke air untuk ekstra dahak juga bagus untuk mempercepat proses penyembuhan. Ulangi sesering yang kalian perlukan untuk mengurangi penyumbatan.

6. Cobalah kompres hangat

Letakkan kain hangat pada dahi dan hidung, karena kain hangat merupakan alat yang ampuh untuk meredakan sakit kepala atau sinus.

7. Lemon dan Madu

Kombinasi Lemon hangat dan Madu merupakan salah satu pengobatan sederhana yang mujarab. Kandungan vitamin dari lemon dan madu serta kehangatannya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus memberi kelegaan pada daerah tenggorokan dan sinus kita.

8. Mengisap Permen

Obat batuk tetes, permen tenggorokan, dan permen mint dapat sangat efektif mengurangi batuk atau sakit tenggorokan.

9. Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air garam membantu menyingkirkan lendir tebal yang terdapat pada bagian belakang tenggorokan. Hal ini juga dapat membantu meringankan telinga tersumbat yakni membuka tabung eustachius.

10. Cobalah pengairan hidung

Untuk mengurangi penyumbatan dan suara sengau, serta mengurangi risiko berkembangnya infeksi sinus, beberapa dokter menyarankan untuk melakukan pengairan hidung. Kalian dapat menuangkan air garam ke dalam salah satu lubang hidung dan biarkan membersihkan hidung kalian.

11. Pergunakan jasa ‘pengasuh’

Pengasuh atau seorang teman memang tidak dapat menurunkan suhu tubuh dan mengobati sakit tenggorokan kalian, namun kehadiran mereka dapat menghibur dan membantu kalian di saat-saat tertentu. Terima tawaran jika ada orang-orang yang menawarkan untuk merawat kalian tapi kalau orang asing jangan diterima ya :D.

Sekian cara-cara pengobatan yang bisa kalian lakuin di rumah, cara tersebut alami, murah, tidak ada efek samping dan terbukti ampuh. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih udah berkunjung :)

sumber : meetdoctor.com

Load comments