Wednesday, August 27, 2014

5 Jenis Makanan Wajib bagi Orang Lanjut Usia

Lanjut Usia

Memiliki tubuh yang sehat serta bugar merupakan impian semua orang, terutama bagi orang yang sudah tua yang mana pada saat-saat usia tua itulah kesehatan mereka perlu dijaga lebih kuat karena rentan sekali terhadap penyakit dan penurunan kesehatan secara drastis. Well, menurut stylecraze.com, berikut beberapa daftar jenis makanan yang bisa menjadi konsumsi wajib bagi dewasa lanjut usia agar tetap sehat dan terhindar penyakit.

5 Jenis Makanan Wajib Bagi Orang Lanjut Usia



Vitamin D

1. Vitamin D


Mayoritas orang lanjut usia akan mengalami penurunan kadar vitamin D dan kalsium akut sehingga rentan terserang osteoporosis dan berbagai macam penyakit tulang dan sendi. Vitamin ini bekerja secara alami bisa didapat dari sinar matahari pagi, dan ini akan menjadikan tubuh dapat menyerap kalsium lebih baik. Jadi, sering olahraga pagi seperti jogging atau jalan kaki selama 30 menit hingga 1 jam dengan sinar matahari yang sehat dan udara yang segar serta asupan makanan seperti telur, sereal, minyak ikan cod, tuna dan salmon bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Kalian juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin D.



2. Vitamin C 

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan alami yang akan membantu melawan radikal bebas, meremajakan kulit serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Saat usia semakin tua, tubuh mengalami penurunan dalam sistem imun dan penyembuhan alami, sehingga asupan vitamin C juga sangat penting buat kalian yang lanjut usia. Studi telah membuktikan bahwa vitamin ini dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh yang diperlukan untuk memperbaiki jaringan dan menyembuhkan luka. Vitamin C juga dikenal dapat mencegah penyakit berat seperti kanker, stroke, serangan jantung, dan lain sebagainya. Jadi, perbanyak makan buah dan sayur adalah suatu kewajiban untuk orang usia lanjut.

Sayur dan Buah

3. Serat makanan 

Semakin tua usia, semakin melemah kinerja organ dalam tubuh sehingga membutuhkan nutrisi lebih. Sama halnya dengan sistem pencernaan yang juga melambat, sehingga memerlukan lebih banyak serat untuk melancarkan pencernaan. Kalian bisa mengonsumsi beras merah, kacang-kacangan, buah dan sayur lebih banyak serta menghindari makanan bersantan dan berlemak.

Sumber Kalsium

4. Kalsium 

Kalsium sangat penting dikonsumsi orang tua karena kepadatan tulang semakin menurun saat usia tua. Jadi, penting untuk menambahkan asupan kaya kalsium seperti keju, susu, yogurt, dan sayuran hijau ke dalam menu harian.

Air Mineral

5. Air 

Air merupakan komponen yang sangat penting, seperti yang kita ketahui tubuh manusia terdiri dari 55 % - 78 % terdiri dari air tergantung dari ukuran badan, Air juga berguna untuk melancarkan pencernaan dan detox tubuh. Air memegang peran sangat penting dalam kelancaran peredaran darah dan fungsi reguler sel tubuh. Itulah mengapa orang tua juga harus banyak minum jus buah, air putih dan minuman hangat seperti teh herbal. 

Sekian lima daftar makanan wajib yang bisa dikonsumsi orang lanjut usia. Meski kalian belum mencapai usia lanjut, namun menerapkan konsumsi daftar makanan tersebut akan berefek jangka panjang menjaga kesehatan kalian. Sekian infonya moga bermanfaat ya.


Terima kasih sudah berkunjung :)

Sumber : www.stylecraze.com

Load comments