Sunday, January 04, 2015

Obat Alami Mengatasi Batuk Berdahak

Batuk Berdahak

Obat Alami Mengatasi Batuk Berdahak


Batuk dan pilek merupakan penyakit yang pernah diderita semua orang. Penyakit ini menyerang karena virus dan bakteri influenza. Untuk batuk terdapat dua jenis, yakni batuk kering dan batuk berdahak. Menemukan obat batuk bukanlah hal yang susah karena mudah kita jumpai di apotik maupun warung pinggir jalan, namun obat batuk ini terkadang menimbulkan efek samping bagi penggunanya. Nah, agar tidak terkena efek samping gunakanlah obat batuk alami. Dikutip dari everydayroots.com, berikut ini yang membantu kalian menyembuhkan batuk berdahak :


1. Madu Dan Jeruk Nipis

Madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk mengobati batuk. Untuk obat batuk berdahak, campurkan satu sendok madu murni dengan air jeruk nipis dan minumlah secara teratur 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

2. Akar Teh Licorice

Akar Licorice merupakan salah satu tumbuhan alami yang baik untuk mengobati batuk berdahak. Selain bisa mengobati batuk, tumbuhan ini juga dipercaya dapat mengobati tenggorokan yang sakit karena radang. Rebus akar licorice pada air mendidih dengan takaran air 1 sampai 2 gelas. Setelah dingin, minumlah air rebusan akar. Untuk menambah rasa manis bisa kalian campur dengan madu.

3. Berkumur Dengan Air Garam

Air garam adalah salah satu obat alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan termasuk batuk berdahak. Caranya, berkumur dengan air garam minimal 2 kali sehari. Lakukan secara teratur pada pagi dan malam hari. Selain mampu membunuh virus dan bekteri penyebab batuk, berkumur dengan air garam juga dipercaya bisa mengeluarkan dahak di tenggorokan.

4. Uap Minyak Kayu Putih Dan Daun Teh 

Uap? Ya, uap dipercaya dapat membantu melawan virus penyebab batuk berdahak dan juga pilek. Caranya pun cukup mudah, siapkan air panas yang masih mengeluarkan uap, lalu campurkan minyak kayu putih dan daunt eh secukupnya. Saat kalian menghirup uap ini, virus dan bekteri penyebab batuk berdahak secara perlahan akan terusir. 

5. Madu dan Lada Hitam 

Lada hitam merupakan salah satu rempah yang gak hanya membuat aroma pada makanan jadi mantep, tetapi juga bisa membantu menyembuhkan batuk berdahak. Caranya, campurkan madu dan lada hitam lalu minumlah teratur 2 kali sehari pada pagi dan malam. 

6. Jahe dan Kencur 

Dua jenis rempah ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Selain bisa menghangatkan tubuh, dua rempah ini jiga dipercaya ampuh untuk menyembuhkan batuk. Caranya pun cukup mudah pertama, kupas jahe atau kencur, lalu cuci hingga. Kemudian, keduanya bisa digunakan sebagai bahan minuman dan untuk kencur, bisa langsung kalian kunyah sebagai obat batuk. 

Sekian beberapa bahan alami yang bisa membantu menyembuhkan batuk berdahak. Perlu diingat bahwa pastikan bahan-bahan alami ini bersih sebelum digunakan sebagai obat batuk. Jika dengan bahan alami di atas masih belum sembuh, maka disarankan untuk pergi ke dokter. Sekian infonya moga bermanfaat. 

Terima kasih sudah berkunjung :) 

sumber : everydayroots.com

Load comments