Wednesday, November 19, 2014

4 Hal yang Membuat Sulit Buang Air Besar

Susah Buang Air Besar

4 Hal yang Membuat Sulit Buang Air Besar


Siapa sih yang tidak pernah ngalamin sulit BAB, hampir setiap orang pernah mengalaminya. Masalah ini sebenarnya cuma masalah umum dan sering terjadi. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan sulit BAB? Dikutip dari womenshealthmag.com berikut ini penyebab sulit BAB :


1. Stres

Ya, Stres atau kurang tidur dapat mempengaruhi syaraf yang membuat kalian sulit BAB (buang air besar). Karena sistem tubuh kita saling berhubungan, sehingga apa yang kalian pikirkan dapat mempengaruhi proses pencernaan yang ada di dalam tubuh.

2. Hamil

Kebanyakan wanita mengalami sulit BAB pada awal masa kehamilan karena terjadinya perubahan yang besar di dalam tubuh, baik dari segi perubahan pola makan dan juga perubahan hormon yang dapat mempengaruhi kinerja usus.

3. Obat-obatan

Dalam jangka panjang obat-obatan memiliki efek samping susah BAB, terutama obat pereda rasa saki. Jika obat yang kalian konsumsi memiliki efek samping efek samping seperti itu, imbangilah dengan makan banyak serat dan banyak minum air, sehingga kalian dapat terhindar dari efek samping tersebut.

4. Kurang cairan

Cairan sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh kalian. Oleh kaenanya minumlah cukup cairan setiap hari dan hal ini merupakan kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi. Jika konsumsi serat tak diimbangi dengan cairan, maka kalian akan sulit BAB karena kotoran menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan.
Pada dasarnya sih mencegah sulit BAB itu gampang. Kalian hanya perlu cukup minum air, makan makanan yang sehat serta aktif bergerak. Kalau kalian masih sulit BAB juga coba konsultasikan ke dokter oke. Sekian infonya moga bermanfaat ya.

Terima kasih sudah berkunjung jaga kesehatan baik-baik yah :)

sumber : womenshealthmag.com

Load comments